Berita

UMY Lantik 160 Pejabat Struktural Baru

_MG_4665Sebanyak 160 pejabat struktural Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi dilantik oleh Rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto MA, pada hari ini, Jum’at (30/8) di ruang sidang AR. Fakhruddin B lantai 5 kampus terpadu UMY. 160 pejabat struktural tersebut terdiri dari 35 pejabat struktural universitas, 16 pejabat struktural program Pascasarjana, 68 pejabat struktural tingkat fakultas, 8 pejabat struktural program vokasi, serta 33 koordinator laboratorium dan kepala tata usaha.

Dalam sambutannya, Prof. Bambang menyampaikan bahwa perkembangan perguruan tinggi ke depan sudah bergerak ke era kompetitif. “Karena itu, mulai hari ini, dan dimulai dari seluruh pejabat yang dilantik untuk betul-betul memenuhi harapan yang kita buat sendiri, yakni Muda Mendunia. Kita memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lulusan yang  punya visi tingkat dunia, dan mampu berbahasa asing,” paparnya.

Selain itu, Bambang juga menekankan pada seluruh dosen di universitas yang dipimpinnya untuk bisa menulis pada jurnal internasional. Dan dalam hal ini sudah ada beberapa dosen Fakultas Teknik, yang berhasil memasukkan tulisannya dalam jurnal internasional.

“Kita sudah harus berfikir internasional, bukan lagi nasional. Tapi bukan berarti kita hanya menyelenggarakan seminar-seminar internasional atau pertukaran mahasiswa saja, setidaknya para dosen dari masing-masing program studi juga ikut berperan dengan menyumbangkan hasil pemikiran dan penelitiannya pada jurnal internasional,” pesannya.

Rektor juga mengajak para pejabat struktural tersebut untuk mengkhatamkan al-Quran minimal 3 bulan sekali. “Hal ini penting bagi kita, agar kita tidak hanya mempertahankan predikat yang telah diperoleh dengan tindakan nyata secara fisik. Tapi juga kita butuh menyiapkan bekal lain, yang insyaallah itu akan menjadi kekuatan yang tak terbendung bagi kita,” tuturnya lagi.

Sementara itu, ketua Badan Pengelola Harian (BPH) UMY, Drs. H. A. Rosyad Sholeh menyampaikan bahwa jabatan itu adalah amanah yang harus dijaga dan dipertanggungjawabkan. “Bukan hanya pada pimpinannya, tapi juga pada Allah SWT. Karena itu, para pejabat struktural diharapkan mampu menjaga dan memelihara amanah ini dengan melaksanakan tugas serta fungsinya pada masing-masing tempat dengan baik,” ujarnya.

Rosyad juga menambahkan, tantangan yang akan dihadapi UMY ke depan nampaknya cenderung semakin berat dan kompleks. Terlebih lagi dengan melonjaknya jumlah calon mahasiswa baru yang hampir menembus angka 6500 mahasiswa. “Dan kalau kita coba jumlahkan dengan mahasiswa yang masih aktif lainnya, maka jumlah mahasiswa UMY secara keseluruhan sekitar 15 hingga 16 ribu mahasiswa. Karena itulah kami mohon pengorbanan dari para dosen untuk bisa bekerja lebih, dan mungkin hingga malam hari,” pungkasnya.

 

Share This Post

Berita Terkini