Berita

Putra Presiden Turkiye, Bilal Erdogan Sambangi UMY

Belum lama ini Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menerima kunjungan dari putra presiden Turkiye, Necmettin Bilal Erdoğan pada Senin sore (19/12) di Ruang Sidang Utama gedung Ar. Fachrudin B. Bilal Erdogan sendiri berkunjung ke UMY bersama rombongan dari Kirkkale University dan juga Prof. Dr. Fuat Sezgin Research Foundation for the History of Science in Islam, yang mana kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kerjasama sebagai sesama perguruan tinggi.

Rektor Kirikkale University, Prof. Dr. Ersan Aslan sekaligus Presiden dari Islam Bilimi Tarihi Arastirma Vakfi (IBTAV) dalam sambutannya mengatakan bahwa UMY menjadi salah satu tujuan kunjungan karena UMY merupakan salah satu universitas Islam terbaik. “Saya tahu bahwa UMY merupakan salah satu universitas Islam terbaik di Asia, sehingga kami yakin berkunjung ke perguruan tinggi yang tepat untuk melakukan kerjasama,” tuturnya.

Ia juga mengatakan dalam Dr. Fuat Sezgin Research Foundation banyak sekali kegiatan akademik dan juga riset yang mampu dikolaborasikan bersama dengan UMY. “Dr. Fuat Sezgin Research Foundation adalah sebuah lembaga penelitian yang befokus pada teknologi dan peradaban Islam, saya yakin bahwa dengan adanya kerjasama ini ke depannya akan banyak sekali kegiatan, mulai dari beasiswa hingga lembaga keilmuan yang bisa dikolaborasikan dengan UMY” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Dr. Fuat Sezgin Research Foundation bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang warisan ilmiah dan teknologi budaya dan peradaban Islam, mentransmisikannya dengan cara terbaik kepada generasi baru, dan memastikan warisan abadi untuk semua studi.

Ia juga berharap dengan adanya kerjasama ini akan memberikan semangat baru dalam mengembangkan riset dan teknologi. “Saya berharap dengan adanya kerjasama ini memberikan semangat baru dalam mengembangkan riset dan teknologi agar kemajuan beradaban dan teknologi kaum muslimin kembali di era keemasannya,” terangnya.

Sementara itu Bilal Erdogan dalam sambutannya mengatakan jika pendiri Dr. Fuat Sezgin Research Foundation telah memberikan dedikasinya dalam studi pengetahuan berbasis Islam. “Dr. Fuat Sezgin selaku pendiri lembaga riset ini telah mendedikasikan 94 tahun hidupnya untuk mempelajari sejarah ilmu pengetahuan Islam,” ucapnya.

Menurut Bilal, Dr. Fuat Sezgin melihat perkembangan pengetahuan ilmiah saat ini tidak berkembang seperti era keemasan umat Islam terdahulu , oleh karenanya ia begitu gigih untuk memberikan ruang pada ilmuan atau cendekiawan muslim saat ini untuk mengembalikan keemasan peradaban teknologi umat Islam. Bilal juga optimis bahwa bersama UMY, lembaga riset ini akan menemukan inovasi dan teknologi baru.

“Saya yakin kolaborasi ini mampu menghasilkan temuan dan inovasi teknologi baru yang sesuai dengan visi misi Dr. Fuat Sezgin Research Foundation. Dan saya yakin dengan adanya kerjasama antara Kirikkale University dan UMY adalah awalan yang baik bagi kolaborasi antara perguruan tinggi negeri Islam dalam mengembangkan teknologi yang berbasis temuan ilmuan muslim,” tandasnya.

Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto dalam sambutannya memberikan ucapan terimakasih telah memberikan kepercayaannya untuk melakukan kerjasama. “Kami cukup tersanjung dengan kehadiran rombogan dari Kirikkale University dan juga Dr. Fuat Sezgin Research Foundation yang telah mempercayakan UMY dalam melakukan kerjasama. Ke depannya kami siap untuk melakukan banyak kolaborasi, tak hanya di bidang teknologi tetapi juga pengembangan keilmuan lainnya,”tutupnya. (RM)

Share This Post

Berita Terkini