Berita

Delegasi UMY Raih Dua Penghargaan Best Delegates dalam Brawijaya International Model United Nations dan Satu Penghargaan di DCTM UGM

3(1)Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menorehkan prestasi dalam merealisasikan tagline Unggul dan Islami. Kali ini, dua penghargaan sebagai Best Delegate yang setara dengan juara 1 diraih oleh mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UMY dalam Brawijaya International Model United Nations (BIMUN) pada Sabtu (3/10) di Universitas Brawijaya, Malang. Penghargaan tersebut diraih oleh Fitri Navisah Fauziah dan Asep Suryana yang merepresentasikan negara United Kingdom di bawah Council UNEP (United Nations Environment Programme) dan M. Rizal Saanun yang merepresentasikan negara Republik Indonesia dibawah Council UNICEF (United Nations Children’s Fund).

Dalam BIMUN kali ini, UMY Model United Nations Community mengirimkan sembilan delegasi untuk mewakili UMY. Fitri Navisah Fauziah menyampaikan, dari sembilan mahasiswa tersebut, delapan orang menjadi peserta, sedangkan satu orang lainnya menjadi Co-Chair sidang. “Kami tahu BIMUN ini dari Syaid Ali Rachman yang bertindak sebagai Co-Chair. BIMUN ini diadakan setiap tahunnya dalam rangkaian acara Festivice dan tahun lalu ia mengikuti BIMUN sendiri dan meraih Most Outstanding Delegate (Juara 2). Jadi tahun ini kami membawa delegasi berjumlah sembilan orang dari UMY,” paparnya.

Dalam sidang yang dilaksanakan hingga dua hari tersebut, para peserta diminta untuk merepresentasikan posisi negara masing-masing dalam membahas topik yang telah ditetapkan dalam Council tertentu. Setiap Council membahas topik berbeda, sesuai dengan mandat dari United Nations. Model United Nations berusaha mengajak dan mengajarkan mahasiswa bagaimana mewakili negara dalam Persidangan Bangsa-Bangsa guna mempertajam kemampuan bernegosiasi dan menyelesaikan masalah Global. Peserta dinilai dari bagaimana mereka mampu menciptakan solusi paling akomodatif (win-win solution), mempersatukan seluruh negara dalam persetujuan resolusi dalam bentuk Draft Resolution sebagai hasil dari dua hari sidang, dan peserta yang mampu memimpin dan memberikan debat subtantif dan diplomatis. Kemudian peserta yang memenuhi kriteria tersebut dianugrahi dengan Best Delegate (Juara 1). Sedangkan, delegasi UMY sendiri mampu meraih 2 Best Delegate di 2 Council yang berbeda.

Fitri yang juga selaku sekretaris UMY Model United Nations Community juga menyebutkan bahwa Komunitas MUN UMY tengah menggerakkan para mahasiswa untuk mempelajari MUN sejak masuk awal perkuliahan dari seluruh Fakultas. “Dahulu di UMY masih belum popular dengan MUN, oleh karena itu, UMY Model United Nations Community dibentuk juga dengan harapan memberikan ilmu kepada para mahasiswa khususnya mahasiswa baru untuk lebih paham apa itu MUN dan bagaimana cara melakukan sidang yang baik dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa,” jelasnya.

Selain meraih dua penghargaan sebagai Best Delegates di BIMUN Malang, perwakilan UMY juga meraih prestasi sebagai Best Delegate dalam European Council di DCTM UGM yang diraih oleh Tri Azmi Iskandar, mahasiswa HI angkatan 2014. Fitri menambahkan ia dan tim UMY lainnya mendapatkan banyak pelajaran dari MUN yang mereka ikuti. Salah satunya adalah mereka menjadi tahu praktik sidang yang dijalankan di United Nations serta meningkatkan wawasan yang luas dan menyelesaikan permasalahan Global. Selain itu, MUN tidak hanya diperuntukkan mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional saja, namun juga diperuntukkan mahasiswa jurusan lainnya. Sehingga sudut pandang para peserta dalam MUN dapat beragam sesuai dengan background masing-masing peserta. (Deansa)

Share This Post

Berita Terkini