Berita

PBA UMY Berhasil Ubah Akreditasi “B” Menjadi Akreditasi “A”

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali mendapatkan akreditasi A pada program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) berdasarkan keputusan BAN-PT No. 5042/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 yang ditetapkan pada hari Selasa (1/9) dengan skor 379. Skor tersebut juga berhasil mengubah status akreditasi yang sebelumnya “B” menjadi “A”.

Arif Humaini,S.S., M.Hum., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA UMY) menyampaikan bahwa PBA UMY merupakan program studi dengan usia yang masih baru yaitu berdiri pada tahun 2011 yang kemudian mendapatkan akreditasi pada tahun 2014 dengan Akreditasi B. ”Program studi ini tergolong masih baru. Pada tahun 2014 kami mendapatkan akreditasi pertama dengan predikat B. Kemudian pada tahun 2020 mendapatkan akreditasi A dengan proses yang cukup panjang,” tuturnya saat ditemui pada hari Kamis (10/9) di ruang dosen FPB UMY.

Arif juga menyampaikan bahwa persiapan untuk akreditasi sudah dilakukan sejak satu tahun sebelum tim asesor dari BAN-PT melakukan visit akreditasi yang didampingi oleh BPM UMY. ”Untuk menyiapkan akreditasi ini prosesnya cukup panjang, dan terdapat 7 kriteria penilaian yang harus terpenuhi dalam penilaian akreditasi, diantaranya adalah visi-misi, tata pamong, mahasiswa, SDM, keuangan dan aset, sampai dengan penelitian/pengabdian. Proses akreditasi ini melibatkan dosen, alumni dan mahasiswa yang dilakukan secara daring pada tanggal 24 sampai 25 Agustus 2020,” jelasnya.

Selanjutnya ia juga menjelaskan terkait melibatkan alumni dan mahasiswa yang memiliki prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. ”Pada proses visitasi akreditasi ini juga Alhamdulillah adanya keterlibatan mahasiswa berprestasi yang pada akreditasi sebelumnya kosong pada kriteria penilaian saat ini sudah ada, kemudian beberapa alumni juga ikut terlibat aktif bersama dengan usernya,” pungkasnya.

Harapan yang disampaikan oleh Arif untuk akreditasi kedepannya, dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik dari segi kualitas dosen maupun kualitas mahasiswa.” Pastinya jika sudah mendapatkan akreditasi A standar penilaiannya akan bertambah menjadi 9 standar penilaian. Oleh karena itu, harapannya kami bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di PBA UMY,” tutupnya.(Sofia)

Share This Post

Berita Terkini