Berita

UMY Tetap Berkarya Saat Pandemi Covid 19, Segera Gelar Kembali Webinar Abdimas 4

Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M-UMY) melaksanakan Peluncuran Webinar Abdimas-4/2021 UMY pada Jumat (16/06) di ruang Sidang Perpustakaan Gedung D UMY. Webinar Abdimas ini merupakan forum ilmiah UMY yang dilaksankan secara rutin setiap tahunnya untuk mendesiminasi hasil pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dosen-dosen pengabdi UMY. Selain itu juga ini merupakan bukti nyata bahwa meskipun pandemi covid 19 belum berakhir UMY Tetap berkarya melalui pengabdian masyarakat dengan inovasi teknologi tepat guna yang dihasilkan.

Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos, M.Si selaku ketua panitia Abdimas 4 mengungkapkan bahwa di masa pandemi seperti saat ini kita tidak boleh berdiam diri dan terus berinovasi. “Kita tahu bahwa pandemi saat ini memberikan dampak yang luar biasa di berbagai hal. Tentu kita jangan hanya berdiam diri namun kita harus tetap berkarya dan tetap beradaptasi dengan cara melakukan inovasi melalui teknologi tepat guna,”papar Adhianty.

Ketua LP3M UMY, Dr. Ir. Gatot Supangkat, S, M.P., IPM juga juga menegaskan bahwa pandemi Covid-19 ini tidak lantas membuat semangat UMY dalam berinovasi surut. “UMY terus berkarya dan berinovasi melalui kegiatan pengabdian masyarakatnya,“ imbuhnya.

Mengambil tema Inovasi Teknologi Tepat Guna Dan Model Peningkatan Kapasitas Masyarakat Era Covid-19, Abdimas 4 ini akan mendatangkan narasumber yang sangat kompeten di bidangnya seperti Menteri kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin CHFC, CLU sebagai keynote speech, dengan 3 panel forum yaitu ketua komisi yudisial RI : Prof Dr Mukti Fajar ND, Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah Dr Siti Noordjannah Djohantini M.Si, Dan Inventor GeNose Alat Deteksi Covid: Prof Dr Eng Kuwat Triyana M.Si.

Webinar Adimas 4 ini dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM secara daring. Dalam program Kampus Merdeka, pengabdian adalah salah satu program yang ada. Ia berharap dengan adanya pengabdian juga penelitian ini mampu menuntaskan permasalahan yang ada di masyarakat. “Dalam program Kampus Merdeka, pengabdian ini harus real bukan menjadi ajang pamer kecanggihan teknologi yang dihasilkan kampus, namun hal ini akan menjadi salah satu solusi real untuk permasalahan yang ada di masyarakat,” ujar Gunawan.

Selain peluncuran Webinar Abdimas 4, agenda ini juga diikuti dengan koordinasi reviewer abstrak dan artikel ilmiah prosiding. Pada saat koordinasi reviewer turut hadir Prof. Dr. Ir. Sukamta, S.T., M.T., IPM. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UM, ia mengingatkan agar para reviewer mampu menilai secara objektif agar mendapakan kualitas atrikel terbaik. (RM)

Share This Post

Berita Terkini