Berita

Mahasiswa Pasca UMY Presentasikan Penelitian “Hutan dan Orang Rimba Jambi” di Thailand

Delapan mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mempresentasikan hasil penelitiannya tentang keunikan masyarakat lokal Indonesia pada ajang International Conference on Interdisciplinary Research and Development (ICIRD) 2015. Dalam konferensi internasional yang diselenggarakan di Maejo University, Chiangmai, Thailand pada Kamis (29/10) ini, kedelapan mahasiswa MIP UMY tersebut menyampaikan hasil risetnya mengenai Hutan dan Orang Rimba Jambi.

Menurut Ketua Prodi MIP UMY, Dr. Dyah Mutiarin yang juga ikut dalam supervisi penelitian ini mengungkapkan bahwa dari hasil penelitian yang didapatnya, Orang Rimba Jambi ternyata menolak manajemen kebijakan hutan Jambi yang dilakukan oleh pemerintah lokal. Hal ini menurutnya, menunjukkan bahwa isu lingkungan itu sangat perlu dilakukan dengan pendekatan budaya lokal. “Kasus kebakaran hutan seperti yang terjadi saat ini misalnya, sejatinya hal itu dapat dihindari jika Orang Rimba Jambi juga diposisikan sebagai stake holder pemerintah untuk mengawasi pembakaran di hutan-hutan Sumatera Selatan,” ujarnya.

Pemerintah lokal, lanjut Dyah juga dapat menjaga keberlangsungan tanah adat setempat yang menjadi bagian dari hutan Orang Rimba tersebut dengan bekerjasama menjadi “pengawas” awal kebakaran hutan. “Jangan sampai yang terjadi malah sebaliknya. Pemerintah lokal justru sebagai perpanjangan tangan dari penguasaan hutan oleh pemilik perusahaan-perusahaan yang sebelumnya ditinggali oleh Orang Rimba. Dan hendaknya, hasil penelitian para peneliti di bidang politik, sosial dan budaya semacam ini bisa digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk menangani pembakaran hutan dan bencana asap yang terjadi setiap tahun. Selain itu, universitas juga seharusnya menjadi salah satu pencetak inovasi untuk menyelesaikan persoalan bangsa dan negara,” imbuh Dyan.

Dalam kesempatan ini, MIP UMY juga akan mulai menjajaki kerjasama dengan Sekolah Pascasarjana Maejo University dalam hal student exchange.

Share This Post

Berita Terkini