Berita

Wujudkan Mahasiswa Qur’ani, LPTQ UMY Adakan lomba STQ

IMG-20160310-WA0002Sebagai salah satu langkah mewujudkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang berjiwa qur’ani, serta mengaplikasikan tagline UMY sebagai kampus yang unggul dan Islami, Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (UKM LPTQ) UMY mengadakan lomba Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang ditujukan bagi mahasiswa UMY. Perlombaan yang diikuti oleh 160 peserta tersebut berlangsung selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 29 Februari sampai 2 Maret 2016. Perlombaan yang dilaksanakan di Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY, mengambil tema “Membangun Insan yang Intelektual, Berakhlak Mulia, dan Berjiwa Qur’ani”.

Saat mengisi sambutan pembukaan lomba STQ, Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, Sugito, S.IP., M.Si mengatakan bahwa perlombaan seperti ini sebagai salah satu ajang untuk menggaungkan kembali bahwa Al-Qur’an itu harus kita kaji dan kita baca lagi. Dan perlombaan ini dapat dikatakan sebagai penyeleksi minat dan bakat di bidang Al-Qur’an bagi seluruh mahasiswa UMY. “STQ ini untuk mempersiapkan lomba sejenis menuju perlombaan di tingkat Nasional dan bahkan Internasional. Saya katakan Internasional karena tahun lalu pernah anggota yang tergabung dalam LPTQ ini mengikuti lomba tingkat Internasional bidang tilawah,” ungkapnya.

Dalam perlombaan tersebut, kegiatan yang diperlombakan terdiri dari lomba bidang tilawah, syarhil, tartil, kaligrafi, fahmil, tahfidz, serta debat bahasa Inggris dan bahasa Arab. Pada malam puncak penutupan STQ yang dihelat pada Jum’at malam, (4/3) di pelataran Boga UMY, Miftahul Haq, S.H.I., M.S.I., selaku Pembina LPTQ UMY mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah mengorbankan tenaga dan pikiran untuk mempersiapkan kegiatan ini dengan baik. “Semoga persiapan untuk lomba MTQN lebih baik lagi dibandingkan tahun sebelumnya. Kedepannya LPPI dan LPTQ akan bekerjasama untuk membuka laboratorium Al-Qur’an dan pameran Al-Qur’an. Saya juga berharap agar LPTQ bisa memakmurkan masjid kampus hingga waktu isya,” harap Miftah

Sementara itu, Danang Sasmito selaku ketua panitia saat ditemui Sabtu, (5/3) mengungkapkan Perlombaan STQ diadakan khusus untuk mahasiswa UMY dalam rangka mempersiapkan MTQN tahun 2017. Selain itu tujuan diadakannya acara ini untuk mencari bibit-bibit penerus LPTQ, karena masih banyak mahasiswa UMY yang sangat berpotensi, baik di bidang tartil, tilawah, tahfidz, dan lain-lain.

“STQ menjadi langkah awal bangkitnya generasi-generasi pencinta Al-Qur’an khususnya di UMY. Jangan sampai penerapan unggul dan islami hanya sebatas slogan dan angan-angan, tetapi kesadaran dari mahasiswa untuk mewujudkannya menjadi unggul dan islami dari dalam diri mereka sendiri,” ungkap Danang.

Sedangkan salah satu peraih juara 2 STQ bidang Kaligrafi, Waridatun Nida mengungkapkan kesan mengikuti lomba STQ. “Ini merupakan kesan yang sangat istimewa bagi saya bisa berpartispasi sebagai peserta, yang tadinya hanya ingin mencoba mencari pengalaman akhirnya Allah memberi kesempatan lebih bagi saya untuk mencari pengalaman dan ilmu yang lebih mendalam,” ungkap Nida.

Nida berharap khusus para juara agar mendapatkan bimbingan lebih lanjut. Kalau bisa, tidak hanya yang meraih juara satu saja, tapi yang pemenang lainnya juga punya kesempatan yang sama untuk mewakili kampus ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Berikut nama-nama pemenang lomba Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) 2016 tingkat mahasiswa UMY, berdasarkan keputusan Dewan Juri Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tanggal 29 Februari sampai 2 Maret 2016.

BIDANG TILAWAH

Kategori Individu Juara Nama
PUTRA 1 Ahmad Nabil Mubarak
2 Iman Teguh
3 Muhammad Hatta Gusman
Harapan 1 Nurul Putra Mansa
Harapan 2 Taufiq Hidayah
PUTRI 1 Mauli Ardani Zulkifli
2 Hesvi Syafriandini
3 Fithriyatul Inayah

 

BIDANG TARTIL

Kategori Individu Juara Nama
PUTRA 1 Muh Rosyihan Jauhari
2 Ahmad Ryan Bayu Pratama
3 Muhammad Iqbal
Harapan 1 Kamaludin
Harapan 2 Muhammad Mardiansyah
PUTRI 1 Mukarramah Itsnaini
2 Rusnani
3 Baiq Nuzulia Putri
Harapan 1 Khairunnas
Harapan 2 Yuniatul Fasikha

 

BIDANG TAHFIDZ

Kategori Individu Juara Nama
1 JUZ 1 Awalia Yusma
2 Muhammad Mardiansyah
3 Farah Aulia Nurislami
Harapan 1 Saodatul Qhamariyah
Harapan 2 Nur Aziz Arifin
5 JUZ 1 Mukarramah Itsnaini
2 Ratih Eka N
3 Qonita Lillah
10-15JUZ 1 A.Syahid Rabbani
2 Musyarrafah Itsnaini
3 Hamzah Aulannas

 

BIDANG KALIGRAFI

Juara Nama
1 Roisah Iftinani Nur Azizah
2 Waridatun Nida
3 Muhammad Al Faaizin Al Mahmud
Harapan 1 Dede Yusuf Indaryan
Harapan 2 Ummi Sarah Anggitama Harahap

 

BIDANG GRUP :

SYARHIL

Nama Grup Juara Nama
Al Huda 1 Novenalia Soviandarin
Ulinnuha
Muhammad Hatta Gusman
Al Faruq 2 Ega Wiguna
Muhammad Rizkan
Febri Ramadhani
Syagitarif 3 Fahed Syauqi
Muhammad Rifqi Hulalata
Gita Somantri

 

FAHMIL

Nama Grup Juara Nama
Regu 3 1 Siti Muflidah
Rizqa Sholehatin
A’yunni Putri P
Regu 2 2 Hamzah Aulannas
Usamah
Zera Ilhami
Regu 1 3 Imam Fathurohman
M.Abdullah Faqh
Izzudin

 

DEBAT BAHASA INGGRIS

Nama Grup Juara Nama
Delazz Team 1 Asik Hanita
Delima
Unires UMY 2 Fahed Syaoqi
Rafif
DR Team 3 Miftah Raihanul Fadhilah
Ridho Fawaris

 

DEBAT BAHASA ARAB

Nama Grup Juara Nama
Manna Wassalwa 1 Putri Ida Rofika
Dinni Masyitoh
Mujadid 1 2 Rumaisyah Qoidatus Syahidah
Munawaroh
Mujadid 2 3 Haikal Sambodo
Munzilin

Para pemenang dalam perlombaan STQ tersebut akan dibimbing oleh pelatih yang telah berkompeten di bidangnya. Pemenang yang memiliki progress selama latihan, akan ditunjuk mewakili UMY menuju berbagai perlombaan tingkat regional, Nasional, hingga Internasional. (hevi)

Share This Post

Berita Terkini