Berita

Universitas Mulawarman Puji UMY Miliki Sistem yang Bagus

Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur memuji Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) karena memiliki sistem yang bagus, terlebih dalam urusan internasional. Hal tersebut diungkapkan dalam kunjungan studi banding Universitas Mulawarman ke UMY pada Rabu (3/11) di ruang sidang komisi AR. Fakhruddin A UMY.

Kepala UPT Layanan Universitas Mulawarman, Widi Sunaryo, SP., M.Si, Ph.D mengatakan pihaknya sudah lama ingin berkunjung ke UMY untuk studi banding. Apalagi UMY sudah dikenal memiliki sistem pengelolaan yang bagus, baik dalam bidang akademik maupun urusan internasionalnya.

“Sudah dari lama kami ingin silaturahmi ke Jogja, sharing dan belajar dengan rekan rekan UMY. Alhamdulillah terlaksana tanpa halangan. Selain itu, kami memang sengaja datang ke sini karena UMY mempunyai sistem yang bagus terlebih dalam urusan internasionalnya,” tutur Widi.

Widi sendiri mengakui bahwa Perguruan Tinggi Swasta berkembang begitu cepat dan pesat hal itu juga yang melatar belakangi ia dan timnya datang untuk melakukan studi banding. “Kita tahu bahwa saat ini banyak perguruan tinggi swasta yang mampu bersaing dan mensejajarkan diri dengan PTN, berkembang begitu cepat dan pesat seperti UMY salah satunya,” sambungnya.

Ia juga mengatakan bahwa Universitas Mulawarman adalah satu satu kampus terbesar di Kalimantan Timur, berbeda dengan Jogja yang memiliki banyak universitas sehingga ada perbandingan atau tolak ukur untuk menjadi yang terbaik di wilayahnya. Hal itulah yang ingin dipelajari oleh Widi dan tim agar Universitas Mulawarman mampu berkembang lebih baik lagi.

Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D. selaku Direktur Kantor Kerjasama dan Hubungan Internasional UMY mengaku senang mendapat kunjungan dari Universitas Mulawarman. “Kami sangat senang bapak ibu dapat berkunjung ke UMY. Semoga kita bisa belajar bersama dan bersinergi untuk menjadi perguyruan tinggi yang lebih baik lagi,” jelas Fitri.

Ia juga mengatakan bahwa kunci utama yang dipegang UMY agar menjadi kampus yang bereputasi adalah dengan mencapai target yang sudah ditentukan dalam roadmap tahunan yang telah dipersiapkan UMY. “Di UMY sendiri kami mempunyai roadmap tahunan, UMY akan seperti apa dan bagaimana ke depannya, sehingga arah gerak sistem atau program kerja yang ada di UMY tidak jauh dari situ,” tandas Fitri.

Lebih lanjut lagi ia memaparkan program yang ada di IRO UMY seperti Summer School, Students Exchange, International Cultural and Culinary Festival, dan kegiatan internasional lainnya. Agenda pada pertemuan kali ini juga dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab terkait urusan internasional. (RM)

Share This Post

Berita Terkini