Berita

UMY Tutup Rangkaian Milad Ke-41 dengan Family Day

Setelah dua tahun pandemi Covid-19, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali adakan Family Day di tengah pandemi dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian Milad Ke-41 UMY dengan tema “Stronger Together”. Beberapa rangkaian kegiatan dalam Family Day ini, antaranya senam bersama, sepeda santai, flash mob, live cooking: Ayah Memasak, Bazzar Mahasiswa serta awarding pengumuman lomba Milad UMY. Acara yang diselenggarakan pada hari Minggu (27/3) ini dihadiri sekitar 1.733 sivitas meliputi dosen, karyawan, mahasiswa beserta keluarga.

Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P.,IPM menyampaikan saat sambutannya bahwa acara Family Day ini merupakan ajang mengeratkan tali silaturahmi dan juga saling mengenal antar sivitas akademika. ”Acara family day merupakan acara puncak milad UMY ke-41 yang ditutup awarding pengumuman lomba milad dan berbagai rangkaian acara dalam family day. Konsep family day merupakan acara keluarga sivitas akademika untuk saling bertaaruf dan bersilaturahim satu sama lain,” jelasnya.

Gunawan juga mengapresiasi terselenggaranya acara Family Day sebagai puncak rangkaian Milad UMY Ke-41 walaupun terselenggarakan di tengah Pandemi Covid-19. ”Akhirnya rangkaian panjang dari Milad UMY Ke-41, hari ini akan segera kita akhiri dan saya mengapresiasi kerja keras lebih dari 2,5 bulan kepada panitia milad yang telah berhasil menyelenggarakan rangkaian milad UMY dengan luar biasa walaupun kegiatan yang terselenggara masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” tambahnya.

Ketua Panitia Milad UMY Ke-41, Muhammad Zakiy,S.E.I.,M.Sc. memaparkan bahwa setelah dua tahun acara Family Day tidak terselenggarakan karena pandemi Covid-19, maka tahun ini menjadi semarak puncak Milad UMY yang diselenggarakan pertama kali di tengah pandemi. ”Berbagai rangkaian kegiatan dalam Family Day, seperti senam bersama, sepeda santai, flashmoob dan pertunjukan live cooking: ayah memasak untuk menyemarakkan rangkaian Milad UMY ke-41. Pada agenda ‘Ayah Memasak’ ini merupakan lomba memasak yang tidak biasa, yaitu lomba memasak untuk bapak-bapak pejabat struktural,” jelas Dosen FAI UMY. Dalam acara ‘Ayah Memasak’ tersebut, Rektor UMY, Wakil Rektor bidang Sumber Daya Manusia Prof. Dr. Nano Prawoto, SE., M. Si, dan Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Internasional Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M. Sc juga turut serta memeriahkan acara yang masing-masingnya memasak Pizza, Nasi Goreng Awul-Awul, dan Empek-Empek.

Menurut Zakiy, hal yang spesial dari Family Day ini adalah pertunjukkan flash mob dari UKM Mahasiswa. ”Rangkaian acara yang paling spesial dari acara Family Day adalah saat adanya flash mob yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa UKM di UMY. Flash mob merupakan puncak kemeriahan penutup Milad UMY dalam Family Day yang terkonsep penuh dengan kejutan, yaitu perpaduan dari tarian, memainkan alat musik orchestra dan musik band. Hadirnya pertunjukkan flash mob ini dengan tujuan agar peserta yang mengikuti Family Day lebih terhibur,” paparnya.

Zakiy berharap mudah-mudahan pandemi akan segera berakhir sehingga dapat menyemarakkan Milad UMY di tahun berikutnya agar lebih meriah. ”Dengan diadakan agenda milad ini, harapannya ke depannya mudah-mudahan pandemi segera berakhir sehingga ketika menyelenggarakan Family Day di tahun yang akan datang tidak ragu-ragu lagi untuk ikut kembali dan dapat menyelenggarakan semarak milad UMY yang lebih seru dan dapat berbahagia bersama,” tutupnya.(Sofia)

Share This Post

Berita Terkini