Berita

UMY Gaungkan Syiar Kebaikan Melalui Agenda Ramadan

Sukses mengadakan program pembagian takjil gratis kepada mahasiswa, berbagai agenda lainnya untuk mengisi bulan Ramadan terus digelar oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pada tahun ini UMY juga menggelar agenda itikaf bagi mahasiswa sekaligus khataman Al-Qur’an. Agenda yang dilaksanakan tepat selama sepuluh hari terakhir menjelang Idul Fitri ini akan berpusat di Masjid K.H. Ahmad Dahlan dan resmi dibuka pada Sabtu malam (30/3) oleh Prof. Faris Al-Fadhat, M.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor UMY bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK.

Agenda selama Ramadan diinisiasi oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY, dan walaupun khataman Al-Qur’an selalu rutin dilaksanakan setiap tahun namun itikaf menjadi agenda baru mulai tahun ini. Pembukaan agenda itikaf juga sekaligus untuk menutup program pembagian takjil setelah berjalan selama kurang lebih 20 hari. Faris menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh panitia dan relawan dari mahasiswa yang telah berdedikasi untuk menyukseskan seluruh rangkaian agenda bulan Ramadan di UMY. Ia berpesan kepada para mahasiswa agar hal-hal baik yang telah dikerjakan selama ini dapat menjadi contoh dalam bentuk syiar kebaikan.

“Agenda yang dilaksanakan dalam forum ini menurut saya luar biasa, di mana teman-teman mahasiswa yang melakukan khataman Al-Qur’an dan itikaf sekaligus menjadi panitia Ramadan merupakan pertanda bahwa Allah sedang mengumpulkan kita diantara orang-orang baik. Segala bentuk kebaikan yang telah anda lakukan selama ini insyaAllah akan memudahkan segala hal yang ingin anda kerjakan selama beberapa hari bahkan hingga beberapa tahun ke depan,” ujar Faris.

Pelaksanaan itikaf dan khataman Al-Qur’an menjadi beberapa agenda terakhir dari rangkaian agenda yang diselenggarakan selama bulan Ramadan. Beberapa agenda lainnya seperti Kuliah Ramadan setiap selesai shalat Dzuhur, kajian menjelang berbuka puasa dan salat tarawih berjamaah telah selesai dilaksanakan secara rutin yang juga telah banyak menghadirkan dosen UMY sebagai pemateri dan penceramah. Dengan adanya itikaf, salat tahajud berjamaah dan kajian selepas salat subuh pun akan mulai dirutinkan dan juga disyukuri oleh Faris yang melihat padatnya agenda selama bulan Ramadan.

“Saya dan seluruh jajaran pimpinan universitas sangat berterima kasih kepada teman-teman panitia dan relawan karena telah menghidupkan kembali berbagai agenda yang sangat bermanfaat di masa-masa bulan Ramadan. InsyaAllah kebiasaan baik ini akan terus dipertahankan dan mudah-mudahan ini akan menjadi amal baik kita yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain,” imbuhnya.

Menutup rangkaian pembukaan agenda itikaf dan khataman Al-Qur’an adalah pengumuman pemenang lomba Ramadan UMY 1445 H, yang telah berlangsung sejak hari pertama berpuasa. Beberapa lomba yang diadakan untuk menyemarakan Ramadan yang diisi dengan kegiatan positif adalah lomba fotografi, karya tulis inspiratif dan pembuatan video kreatif. (ID)

Share This Post

Berita Terkini