Berita

UMY dan Bupati Bantul Siap Bekerjasama Majukan Kabupaten Bantul

IMG_376312

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menyatakan siap untuk melakukan kerjasama demi memajukan kabupaten dan masyarakat Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut sebagaimana dinyatakan oleh Wakil Rektor I UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P dan Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, pada acara audiensi UMY ke Bupati Bantul terpilih periode 2016 – 2021 di Kantor Bupati Bantul, Jum’at (11/3). Audiensi yang diikuti oleh rombongan UMY terdiri dari Wakil Rektor I, Wakil Rektor II Dr. Suryo Pratolo, M.Si, Akt, CA, AAP, Wakil Rektor III Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng., Ph.D., PE, Ketua Badan Pembina Harian UMY Prof. Dr. Syamsul Anwar., MA, Sekretaris BPH UMY Drs. Sukiman, Ketua Panitia Milad ke-35 UMY Slamet Riyadi, ST., MT., Ph.D, Kepala Biro Humas dan Protokol UMY Ratih Herningtyas, S.IP, MA, dan Kepala Urusan Protokol UMY Hijriyah Oktaviani.

Pada audiensi tersebut, Gunawan menjelaskan bahwa UMY yang saat ini memiliki mahasiswa hingga berjumlah 21 ribu mahasiswa ini, sudah bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Hal itu menurut Gunawan tentunya bisa membawa manfaat yang baik bagi UMY maupun masyarakat Bantul. Karena UMY memiliki beberapa program unggulan yang ditujukan langsung kepada masyarakat. “Kami memiliki program unggulan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program ini disetting langsung oleh mahasiswa dan masyarakat setempat. Jadi mahasiswa dan masyarakat sendiri yang membuat program-program KKN apa saja yang akan dilakukan di daerah tersebut,” jelasnya.

Karena itulah Gunawan pun berharap, UMY dan Pemerintah Kabupaten Bantul bisa saling bekerjasama melalui program-program kreatif yang bisa bermanfaat dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Bantul. “Kami berharap, melalui audiensi dengan bapak Bupati Bantul ini, kita bisa saling bekerjasama untuk membuat program-program kreatif demi kemajuan masyarakat dan kabupaten Bantul. Kedepannya kami juga telah berencana akan mengembangkan program KKN Bencana yang juga akan ditujukan kepada masyarakat Bantul, seperti di Imogiri yang sering mengalami bencana alam berupa longsor,” ungkapnya.

Tak hanya itu saja, Gunawan juga berharap Pemkab Bantul bisa terus mendukung upaya UMY untuk ikut membantu menyejahterakan dan memajukan masyarakat Bantul. Ia pun berharap, Bantul dan UMY di bawah kepemiminan Drs. Suharsono bisa lebih meningkatkan lagi perannya dalam memajukan masyarakat Bantul.

Menanggapi penjelasan dan harapan dari UMY yang diwakili oleh Wakil Rektor I tersebut, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menyambut baik keinginan UMY untuk ikut membantu menyejahterakan dan memajukan masyarakat Bantul. Sebab hal itu menurutnya sangat sesuai dengan prinsip hidupnya, yakni hidup untuk mengabdi pada rakyat. Karena itu dirinya pun akan mendukung sepenuhnya rencana dan program-program UMY yang ditujukan kepada masyarakat Bantul. “Kami (Pemkab. Bantul, red) akan mendukung sepenuhnya program UMY tersebut. Karena kita memang harus bersama-sama membangun Bantul demi kesejahteraan masyarakat Bantul sendiri,” tuturnya.

Suharsono pun berharap agar program-program UMY yang ditujukan kepada masyarakat Bantul tersebut juga bisa berjalan secara berkesinambungan dan tidak terputus pada satu program saja. “Visi misi kepemimpinan saya saat ini adalah mencerdaskan masyarakat Bantul di bidang pendidikan dan kesehatan. Jadi kalau memang ada program-program pendidikan yang bisa mencerdaskan masyarakat Bantul, tentu akan kami dukung sepenuhnya dan secara cepat pula. Karena kami juga punya impian untuk bisa memajukan Bantul ini secara bersama-sama,” tutupnya.

Dalam audiensi ini, Bupati Bantul Drs. Suharsono tidak hanya diberikan penjelasan mengenai UMY dan program-program unggulan UMY untuk masyarakat Bantul, namun juga sekaligus menginfokan acara terbaru yang akan dihelat oleh UMY selama bulan Maret 2016 ini. Sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Panitia Milad ke-35 UMY Slamet Riyadi, ST., MT., Ph.D, UMY akan mengadakan beberapa kegiatan yang cukup besar dan berskala nasional dalam rangka Miladnya yang ke-35. “Diantara kegiatan tersebut seperti Penganugerahan Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Tun Dr Mahathir Mohamad pada 17 Maret 2016 mendatang. Kemudian satu minggu setelahnya dilanjutkan dengan acara Rapat Senat Terbuka, Pidato Milad, dan Seminar Nasional yang akan mengundang Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir sebagai pembicaranya. Dan pada dua acara tersebut kami juga mengharapkan kehadiran bapak Bupati, untuk berkenan datang di acara tersebut,” imbuhnya.

Share This Post

Berita Terkini