Berita

Tumbuhkan Jiwa Entepreneur Mahasiswa Lewat Management Festival

Dalam rangka menumbuhkan jiwa entrepreneur dan menyiapkan mahasiswa dalam membangun kreatifitas, inovasi, ide bisnis serta keberanian memulai bisnisnya. Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY) menggelar acara Manajemen Festival yang berlangsung pada 15-16 Juni 2023 di Halaman Sportorium UMY.

“Prodi menajemen memiliki profil tujuan salah satunya adalah menyiapkan wirausaha dan manajer. Kemudian dari sana kami selalu berupaya untuk mensupport mahasiswa dalam membangun inovasi, berani berkreasi, berani mengambil keputusan, dan punya ide-ide bsinis. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah memfasilitasi mereka dengan kegiatan enterprenership. Jadi mahasiswa tidak sekadar punya ide, tapi juga bisa mempraktikkan,” tutur Ketua Program Studi Manajemen UMY Dr. Rr. Sri Handari W, SE., M.Si saat ditemui di Sportorium UMY, Jumat (16/6).

Menurutnya, dengan kegiatan ini mahasiswa akan mempunyai pengalaman mempraktikkan atau melakukan uji coba produk, menemukan komposisi produksi yang bagus dan dapat dinilai langsung oleh konsumen. Kemudian dijual sampai menghasilkan laba atau omset yang di targetkan kepada mahasiswa.

“ini satu bagian kecil saja karena sebenarnya mereka selama setengah bulan ini sudah praktik jualan. Mereka diberikan challenge oleh dosen untuk mendapatkan omset dan keuntungan dari apa yang mereka jual. Kemudian dievaluasi di kelas kewirausahaan, khususnya dimata kuliah perencanaan bisnis. Ini yang terlibat adalah mahasiswa semester 4 dari 15 kelas, sekitar 136 kelompok,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat berbagai rangkaian acara yang sudah berlangsung beberapa hari sebelumnya mulai dari summers program, Internasional Student Conference On Management and Bussiness Studies (ISCOMBUS), International Business Competition, Talkshow, dan Enterpreneur Day.

Selain itu, manajemen festival diikuti oleh berbagai daerah termasuk berbagai perguruan tinggi di dalam dan diluar negeri. Khusus kegiatan Entrepreneur day, diikuti oleh 136 kelompok mahasiswa UMY prodi manajemen, SEBI (Startup and Businness Incubator) UMY, dan juga melibatkan UMKM serta memberikan free stand khusus untuk perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah Seluruh Indonesia.

Dari kegiatan ini Handari berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar berbisnis sambil kuliah agar setelah lulus mahasiswa dapat mengembangkan usahanya.

“Harapannya mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa berbisnis sambil kuliah dan ke depannya setelah lulus, mereka bisa mengembangkan usahanya. Banyak alumni manajemen yang awalnya berangkat dari kegiatan seperti ini. Mereka menjalankan usaha sambil kuliah dan setelah lulus memilih untuk punya usaha. Hal ini memang selaras dengan visi prodi menejemen yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur dan juga dapat membuat wirausaha, sehingga mereka bisa menciptakan lapangan kerja,” pungkasnya. (Mut)

Share This Post

Berita Terkini