Berita

Semarakkan Milad ke-42, UMY dan 100 Pimpinan PTS DIY Bersepeda Bersama

Dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun atau milad yang ke-42, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengadakan agenda bersepeda pada Sabtu (11/3). Kegiatan bersepeda tersebut diikuti oleh lebih dari 100 pimpinan PTS di DIY dan beberapa rektornya.

Kegiatan bersepeda, yang memang sudah rutin diadakan oleh sivitas akademika UMY, pada kali ini berkolaboarsi dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah V DIY sekaligus menjadi tuan rumah dari agenda bersepeda APTISI.

Dalam agenda bersepeda kali ini, UMY mengusung tajuk Ride and Seek dimana konsep dari agenda ini adalah bersepeda ringan sekaligus menjadi ajang bagi para peserta untuk bertemu dan berdiskusi dengan suasana santai. Dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 15 KM, bersepeda dimulai dari titik start yaitu air mancur gedung rektorat UMY menuju arah selatan hingga wilayah Bangunjiwo, kemudian putar balik menuju titik finish di kafetaria Muda Mendunia UMY.

Yang menarik, karena ikut menggandeng APTISI maka agenda Ride and Seek ini turut dihadiri oleh para pimpinan dari hampir seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di DIY. Dengan total lebih dari 100 pimpinan PTS di DIY, sejumlah rektor PTS yang hadir di acara ini diantaranya adalah Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. dari Universitas Widya Mataram Yogyakarta, Dr. Drs. Djoko Susilo, S.T., M.T. dari Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Dr. Muchlas, M.T. dari Universitas Ahmad Dahlan serta beberapa rektor dari perguruan tinggi swasta lainnya. Tidak hanya PTS di DIY, namun hadir pula Prof. Dr. H. Masrukhi, M.Pd. selaku rektor Universitas Muhammadiyah Semarang.

Dr. Ir. Ircham, M.T. selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi dari APTISI Wilayah V DIY mengapresiasi agenda bersepeda ini sekaligus memberikan ucapan selamat kepada UMY yang telah berusia 42 tahun. “Hari ini hari yang membahagiakan, karena kita berkumpul di sini sekaligus untuk merayakan hari jadi UMY dengan bersepeda bersama. Terima kasih kepada UMY karena telah bersedia menjadi tuan rumah pada agenda bersepeda kali ini,” ujarnya. Ircham juga berharap dengan adanya acara Ride and Seek ini dapat mempererat hubungan antar PTS di DIY.

Selaras dengan Ircham, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V DIY yaitu Prof. Aris Junaidi, Ph.D. mengungkapkan rasa senangnya dengan agenda bersepeda yang rutin dilaksanakan ini. “Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini, sekaligus juga merasa gembira dapat bersepeda untuk keakraban kita bersama. Mudah-mudahan dengan milad yang ke-42 ini UMY dapat semakin sukses,” ujar Aris yang mengaku bangga dengan kekompakkan APTISI di DIY.

Selain bersepeda, acara Ride and Seek juga diisi dengan agenda makan bersama, hiburan serta pembagian doorprize. Terdapat beberapa doorprize utama yang dibagikan dalam agenda ini, mulai dari helm sepeda hingga tiga buah sepeda yang terdiri dari satu sepeda gunung dan dua sepeda lipat. (ID)

Share This Post

Berita Terkini