Berita

PKKM Prodi HI UMY Latih Mahasiswa dengan Pelatihan Penulisan Proposal PKM

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi HI UMY) gelar pelatihan penulisan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bagi mahasiswa HI UMY yang dilaksanakan hari Senin (9/8) hingga hari Sabtu (14/8). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penulisan proposal PKM kepada 67 mahasiswa. Kegiatan yang dilaksanakan secara online tersebut diisi oleh tiga orang narasumber yaitu Dr. Sugito, SIP., M.Si., Oki Wijaya, SP, MP., dan Puthut Ardianto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Nur Azizah, M.Si., Ketua Prodi HI UMY menyampaikan bahwa PKM menjadi ajang yang sangat ideal dalam pengembangan hard skill maupun soft skill mahasiswa HI UMY. “Prodi HI UMY akan memfasilitasi mahasiswanya agar dapat mengikuti kompetisi PKM ini dengan baik dan sukses mencapai PIMNAS. Bentuk-bentuk fasilitasi tersebut meliputi pelatihan-pelatihan, pendampingan oleh dosen, dan bantuan dana. Keikutsertaan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan PKM diharapkan dapat berkontribusi pada pencapaian indikator kinerja utama jumlah prestasi mahasiswa maupun jumlah dosen yang terlibat dalam pendampingan mahasiswa,” jelasnya.

Kemudian Bambang Wahyu Nugroho, SIP, M.A., Ketua Tim Pelaksana Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) HI UMY menjelaskan bahwa dalam aktivitas-aktivitas PKKM tersebut akan dilaksanakan berbagai sub aktivitas pelatihan.”Terdapat beberapa sub kegiatan pelatihan diantaranya seperti workshop penajaman kurikulum MBKM dan beberapa mata kuliah penunjang kompetensi mahasiswa, pengiriman mahasiswa dalam aktivitas pemagangan kerja dan riset, KKN internasional, serta pertukaran mahasiswa,” tambahnya.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari pelaksanaan aktivitas peningkatan prestasi mahasiswa dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dijalankan oleh Prodi HI UMY. Selain aktivitas peningkatan prestasi mahasiswa, Prodi HI UMY juga menjalankan 2 aktivitas lainnya yaitu mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran untuk mendukung daya saing menghadapi era 4.0 dan penguatan jejaring dengan institusi mitra,” tutup Bambang. (Sofia)

Share This Post

Berita Terkini