Berita

Mahasiswa Komunikasi UMY Raih Penghargaan Ajisaka 2015

IMG-20151215-WA0001

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY kembali menorehkan prestasi menjelang akhir tahun 2015 ini. Hasan Basri dan M. Regga Hendarto berhasil mendapatkan perunggu pada kategori Sadewa (Sayembara Dewa Pariwara) pada malam penghargaan Ajisaka, Sabtu (21/11) yang bertempat di Gedung Graha Sabha Permana UGM.

Ajisaka adalah sayembara tahunan dalam bidang komunikasi seperti film, fotografi, iklan dan public relation yang diselenggarakan oleh UGM. Ajisaka memiliki 4 kategori antara lain Arjuna (Ajang Citra Berjuta Warna), Kresna (Kreasi Insan Sinema), Prahasta (Pertempuran Humas Nusantara), dan Sadewa (Sayembara Dewa Pariwara).

“Kami berkompetisi pada bidang iklan, dan kategori yang kami ikuti adalah Sadewa,” jelas Hasan. Ia menjelaskan bahwa karya iklan yang kelompoknya buat berjudul “Funtastik”. Funtastik sendiri merupakan TVC 30 detik yang menceritakan seorang anak yang bisa berubah sikap dan kepribadiannya seperti apa yang ditontonnya. “Contohnya ketika menonton film hardrock, dia (anak kecil yang menonton iklan-red) berubah menjadi preman. Sedangkan saat menonton pengajian dia berubah menjadi ustad,” terang Hasan.

Selain kelompok Hasan yang menyabet penghargaan perunggu, mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY lainnya pada kategori yang sama juga menyabet penghargaan perak. Mereka adalah Nia dan Fahad Mecca Al-Syamal. Karya kelompok Nia berupa TVC 30 detik yang menceritakan seorang anak yang terlihat sedang belajar sambil menonton TV. Anak kecil tersebut digambarkan sedang menonton adegan kekerasan, kemudian ia tuliskan adegan tersebut lantas ditirunya.

Hasan menjelaskan tema yang mereka angkat adalah memilih konten media untuk menyelamatkan generasi bangsa. Hasan mengungkapkan kebanggaannya dapat membawa nama baik prodi Ilmu Komunikasi dalam ajang bergengsi seperti Ajisaka tersebut. “Kami berharap dapat terus menorehkan prestasi pada festival periklanan selanjutnya dan dapat meraih penghargaan dengan membawa nama Ilmu Komunikasi UMY,” tutupnya. (Deansa)

Share This Post

Berita Terkini