Berita

Gelar Final di Sleman, Liga Istimewa UMY U-40 Jadi Ajang Silaturahmi Mantan Pemain Sepak Bola

Paguyuban Sepakbola Usia (PSU) U-40 wilayah DIY dan Jawa Tengah secara rutin menggelar turnamen sepak bola yang lebih dikenal dengan nama Liga Istimewa UMY U-40. Berlangsung sejak Desember 2023, turnamen ini mencapai puncaknya dengan berlangsungnya partai final pada Minggu (28/1) di Stadion Ahmad Zaeni, Sleman Yogyakarta. Pertandingan yang mempertemukan tim Baruklinting Oldstar dari Semarang melawan tim Madya 90 dari Magelang pada akhirnya dimenangkan oleh Baruklinting Oldstar dengan skor 3-1.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang menjadi sponsor utama dari Liga Istimewa UMY U-40 turut hadir dalam partai final sekaligus menyerahkan piala tetap dan piala bergilir gubernur DIY bagi juara. Mewakili Rektor UMY, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. selaku Wakil Rektor UMY Bidang Kerjasama dan Internasional menyampaikan bahwa setiap tahun UMY konsisten menjadi sponsor bagi Liga Istimewa baik di U-40 dan U-50.

“Tahun ini akan kembali diselenggarakan turnamen untuk U-40 dan U-50, sehingga dapat menjadi ajang latihan, menyalurkan hobi dan silaturahmi bagi para pemain. Alhamdulillah pertandingan hari ini berjalan dengan lancar dan menarik walaupun ada insiden kecil, saya harap para pemain juga menjaga kondisi fisik dan kesehatannya karena dengan usia saat ini sudah semakin rawan cedera,” ujar Nurmandi.

Hadirnya UMY dalam mendukung aktivitas masyarakat khususnya di bidang olahraga menjadi salah satu bentuk kepedulian terhadap tersedianya wadah seperti turnamen sepak bola bagi pemain yang sudah berusia lanjut. Turnamen yang sudah digelar sebanyak 4 kali ini pun dapat menjadi upaya pemberdayaan bagi para mantan pemain aktif profesional.

Dewan Pembina PSU U-40 Harda Kiswaya menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang telah diberikan oleh UMY. Liga Istimewa U-40 dianggap penting oleh Harda karena dapat menjadi contoh bagi masyarakat bahwa dengan usia diatas 40 tahun pun masih dapat bermain sepak bola.

“Kami juga sangat mengapresiasi atas dipergunakannya lapangan sepak bola ini yang kebetulan belum lama diresmikan, sebagai lokasi digelarnya pertandingan final Liga Istimewa UMY U-40. Harapannya lapangan ini dapat dipergunakan seterusnya untuk berlatih sehingga dapat menggugah minat masyarakat untuk bermain dan mengembangkan olahraga khususnya sepak bola,” imbuh Harda.

Pertandingan final Liga Istimewa UMY U-40 berjalan menarik sekaligus menjadi hiburan bagi para penonton yang hadir di stadion. Hal ini juga yang dirasakan oleh Bowo selaku salah satu pemain dari Baruklinting Oldstar. Ia mengaku sudah saling mengenal dengan para pemain dari tim lawan.

“Turnamen ini memang mengedepankan silaturahmi, sehingga mudah-mudahan kami tetap diberikan kesempatan dan kesehatan sehingga kami bisa berkumpul kembali dengan para pemain yang dulunya saling berkompetisi di usia muda, dan sekarang di usia tua kami bisa lebih menikmati pertandingan,” pungkas Bowo. (ID)

Share This Post

Berita Terkini