Berita

Dosen dan Mahasiswa Akuntansi UMY Ikuti International Conference on Global Business & Social Enterpreneurship 2015 (ICoGBSE2015)

0cff2d31-b459-4ff6-8e69-ab467373c386

Dosen beserta Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) program studi Akuntansi, Barbara Gunawan SE, M.Si dan Ressa Evans Sanjaya berhasil berkesempatan mengikuti forum International Conference on Global Business & Social Enterpreneuship 2015 (ICoGBSE2015). Keduanya berhasil membuktikan kapasitas riset penelitiannya dalam presentasi di Langkawi, Malaysia pada 25-26 November 2015.

Seperti yang dijelaskan oleh Ressa, Forum ICoGBSE2015 sendiri merupakan konferensi Internasional yang mewadahi akademisi dan praktisi dalam bidang Business, Enterpreneurship, Governance, Social Development, Science, dan Education. “Dalam konferensi ini juga, seluruh paper yang masuk direview melalui tahapan seleksi abstrak dan seleksi paper oleh reviewer dengan berbagai pertimbangan seperti keterbaruan penelitian dan aspek implementasi untuk sosial,” ujar Ressa saat ditemui di Biro Humas dan Protokol (BHP) UMY pada Kamis,(3/12).

Dalam mempresentasikan hasil penelitiannya, Ressa kembali menjelaskan bahwa judul paper yang dipresentasikan adalah “The Influence of Intellectual Capital on The Company Value: The Financial Performance as Intervening Variable (Study at LQ-45 Company in IDX, in the Period of 2011-2013)”. Dalam mempresentasikan judul tersebut, Ressa mengatakan topik yang diangkat terkait Intellectual Capital perusahaan Indonesia yang seringkali masih bersifat sukarela. “Intellectual Capital dari hasil penelitian di sini sebagai aset tak berwujud menjadi hal fundamental bagi perusahaan seperti kompetensi, komitmen, loyalitas, budaya hingga prosedur yang dapat mempengaruhi nilai sebuah perusahaan, sehingga secara tidak langsung akan memberikan respon kepada pasar untuk menarik investor berinvestasi di perusahaan tersebut,”jelas Ressa.

Sementara itu, Barbara menjelaskan bahwa acara tersebut diikuti oleh dosen, mahasiswa S2, dan S3 dari beberapa institusi dan universitas terkemuka yaitu International Islamic University Malaysia (IIUM), Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), University of Khartoum (Sudan), Chulalongkom University (Thailand). “Peserta conference ini juga ternyata tidak hanya diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari Malaysia saja, namun juga dari berbagai negara seperti Turki, Sudan, Spanyol, Libya, dan Pakistan, sehingga kita dapat bertukar pikiran juga memberi masukan terkait hasil riset kepada peserta lain,” papar Dosen yang sekaligus ketua Program Studi Vokasi Akuntansi Terapan UMY tersebut.

Dalam pemaparannya, Barbara kembali menjelaskan bahwa hasil paper penelitian yang telah dipresentasikan pada ICoGBSE2015 tersebut akan dipublikasikan dalam proceeding dengan ISBN dan International Journal of Management Study (IJMS) yang keduanya akan direfrensikan dan terindex oleh Scopus atau Global Business Social Entrepreneurship Journal.

Setelah mengikuti ICoGBSE2015, Barbara berharap dengan paper yang terindex pada jurnal internasional, akan sangat berguna untuk mendukung dan menunjang program internasionalisasi UMY.

Sementara itu, Ressa mengaku senang dapat berpartisipasi dalam forum Internasional serta berhasil mempresentasikan hasil penelitian tersebut. “Besar harapan saya setelah mengikuti kegiatan ini, kami akan tetap memberikan kontribusi riset penelitian di forum international selanjutnya”, harapnya. (hevi)

Share This Post

Berita Terkini