Berita

BEM KM UMY Bersama Masyarakat Jatimulyo Launching Produk Virgin Coconut Oil

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM KM UMY) bersama masyarakat Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo melaunching produk Virgin Coconut Oil (VCO) pada Minggu (27/11). Peluncuran produk VCO ini merupakan hasil dari pemberdayaan Kelompok Tani Wanita (KWT) dalam program Young Sustainable Initiative yang dilakukan oleh BEM KM UMY di Desa Jatimulyo.

Anom Sucondro selaku Lurah Kalurahan Jatimulyo melalui sambutannya menyampaikan harapan terkait pendampingan oleh perwakilan UMY setelah produk VCO diluncurkan. “Pendampingan oleh Dosen UMY mohon untuk ditingkatkan. Seperti dari bidang akademik, mohon untuk dilakukan kajian terkait manfaat dari produk ini,” ujar Anom.

Virgin Coconut Oil ini sendiri merupakan minyak alami yang terbentuk dari hasil ekstraksi buah kelapa. Minyak ini memiliki banyak manfaat. Melalui potensi alam yang ada di Desa Jatimulyo berupa banyaknya pohon kelapa, BEM KM UMY menginisiasi pengabdian masyarakat melalui Program Young Sustainable Iniatiative yang berkolaborasi dengan KWT di Desa Jatimulyo untuk memanfaatkan potensi ini guna menyejahterakan masyarakat sekitar dengan memproduksi Virgin Coconut Oil.

Zuhud Rozaki, S.P., M.App.Sc., Ph.D selaku dosen pembimbing melalui sambutannya menyampaikan bahwa UMY ingin melanjutkan program pemberdayaan ini. “Kami berharap program ini tidak berhenti di tahap produksi saja. Program ini dapat berkesinambungan dan mengangkat ekonomi masyarakat sekitar dan membantu berbagai pihak yang ada di Desa Jatimulyo,” ucap Zuhud.

Program pengabdian masyarakat ini akan dilanjutkan ke tahap pemasaran produk. Tujuan akhirnya guna meningkatkan penjualan produk VCO ini, yang keuntungannya akan berbalik kepada masyarakat setempat. Tentunya dengan memperhitungkan segala situasi dan kondisi yang ada di lapangan. (Zachra)

Share This Post

Berita Terkini