Berita

Akan Beralih Status Jadi Sarjana Terapan, Vokasi UMY Gandeng SMK/SMA Se-DIY & Jateng

Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) baru saja melakukan nota kesepahamanan atau MoU dengan SMA dan SMK se-DIY pada Sabtu (16/10) di Ruang Amphiteater gedung KH. Ibrahim UMY. Adapun SMA/SMK yang turut hadir diantaranya SMA Muhammadiyah Piyungan, SMK Muhammadiyah Bangunjiwo, SMK Muhammadiyah Kretek, SMK Ar-Rahman Srandakan, SMK Negeri Sedayu, SMK Muhammadiyah Imogiri, SMK Muhammadiyah 1 Sleman, SMK Muhammadiyah 2 Turi, SMK Muhammadiyah Seyegan, SMK Muhammadiyah Minggir, SMK Muhammadiyah Pakem, SMK Muhammadiiyah 2 Tempel, SMK Muhammadiyah Wonosari, SMK Muhammadiyah Karangmojo, SMK Muhammadiyah Tepus, SMK 2 Playen, SMK Muhammadiyah Pojong, SMK Muhammadiyah 1 Playen, SMK Muhammadiyah Patuk, SMK Muhammdiyah Sentolo, dan SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara.

 

Menurut direktur Vokasi UMY, Dr. Bambang Jatmiko, S.E., M.Si. dalam peningkatan jenjang program Diploma III ke jenjang Sarjana Terapan (D-IV) setidaknya melakukan kerjasama dengan 3 SMA/SMK. “Setidaknya minimal ada 3 SMK yang bekerjasama dengan program Vokasi dalam peningkatan program D III menuju Sarjana Terapan. Kami sebenarnya sudah melakukan kerja sama dengan beberapa SMA/SMK sebelumnya, tapi kali ini kami ingin menambah jaringan ke sekolah lainnya,” ucap Bambang. Ia juga mengatakan bahwa target utama dari kerjasama ini adalah sekolah sekolah Muhammadiyah se-Jogja.

 

Kerjasama yang akan diwujudkan program Vokasi UMY diantaranya kegiatan pembelajaran di luar kampus, tukar menukar data dan informasi pendidikan, serta pelatihan dan penelitian bersama. Ia juga mengatakan bahwa Program Vokasi UMY akan memfasilitasi guru tamu untuk SMK/SMA serta memfasilitasi bidang lainnya.

 

“Progam lainnya kita akan mencoba memfasilitasi SMK/SMA yang bekerja sama dengan kami untuk mengadirkan guru tamu, atau pakar. Pendampingan minat dan bakat, pendampingan manajemen dan mutu, dan fasilitas kompetensi. Hal tersebut agar sekolah yang menjalin relasi dengan kami mempunyai kualitas mutu dan SDM yang bagus,” imbuh Bambang.

 

Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional UMY, dalam sambutannya mengatakan ini adalah salah satu langkah untuk peningkatan mutu dari sumber daya yang ada. “Lebih dari apa yang sudah disebutkan tadi terkait kegiatan pada hari ini, yang paling urgensi, kegiatan ini adalah sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan mutu dari sumber daya manusia yang ada,” ucapnya.

 

Nurmandi juga mengatakan, jika sekolah yang berelasi dengan UMY ingin meminta bantuan terkait masalah branding dan mutu sekolah, pihaknya siap membantu. “Ada beberapa sekolah Muhammadiyah yang sudah bekerjasama dengan kami untuk meminta pendampingan terkait masalah branding dan mutu. Jadi jika nanti bapak ibu ingin meminta pendampingan hal yang sama kami siap, karena kami juga sudah terakreditasi Unggul sehingga mutu kami tidak diragukan dan UMY juga dari segi branding memang kuat,”imbuh Nurmandi.

 

Sementara itu, Edy Purwanto, S.Pd.T, selaku perwakilan dari SMK Muhammadiyah Minggir memberikan respon positif terkait kerjasama ini. “Sebagai sekolah berbasis Muhammadiyah dan sesama amal usaha Muhammadiyah, saya kira kerja sama seperti ini sangat bagus karena kita bersinergi untuk saling maju dan berkembang, Kami sangat berterimakasih kepada UMY, dengan adanya kerja sama ini kami berharap ini bisa meningkatkan pencapaian kita bersama menjadi lembaga pendidikan yang bermutu dan unggul,” tutur Edy. (RM)

 

Share This Post

Berita Terkini