Pimpinan

Amanah

Pimpinan universitas bertanggungjawab untuk merumuskan strategi dari visi universitas. Selain itu juga bertanggungjawab dalam merumuskan dan memutuskan kebijakan-kebijakan yang mendukung visi dan misi universitas
Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P

Rektor

Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P

Amanah
  • Merencanakan, menyusun strategi dan kebijakan di bidang peningkatan kualitas organisasi dan penjaminan mutu di lingkungan universitas;
  • Merancang dan merumuskan visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian cita-cita UMY;
  • Merancang dan merumuskan dan menyusun statuta bersama tim yang ditunjuk dan mengusulkan draft statuta ke Badan Pelaksana Harian (BPH);
  • Merencanakan dan menyusun Rencana Induk Pengembangan (RIP) bersama tim yang ditunjuk dan mengusulkan draft RIP ke Badan Pelaksana Harian (BPH) setiap sepuluh tahun sekali;
  • Merancang dan merencanakan Rencana Strategis (RENSTRA) bersama tim yang ditunjuk setiap lima tahun sekali dan menetapkannya bersama senat universitas;
  • Merancang dan mengelola strategi proses bisnis universitas yang meliputi bidang Akademik, Pengelolaan Sumberdaya Manusia, Pengelolaan Keuangan dan Aset, Kemahasiswaan, Alumni, AIK,  Kerjasama, Internasionalisasi serta Organisasi dan Penjaminan Mutu;
  • Merencanakan dan menetapkan rencana operasional (RENOP) unit setiap tahun;
  • Merencanakan tata kelola dan tata kerja organisasi;
  • Mengarahkan pelaksanaan pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan;
  • Memonitor seluruh aktivitas organisasi;
  • Memonitor sistem penjaminan mutu;
  • Memonitor perencanaan dan pengembangan universitas;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) tahunan serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  • Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama (satu) bulan setelah terpilihnya Rektor yang baru.
Biro/Unit yang dibawahi
  • Wakil Rektor Bidang Akademik
  • Wakil Rektor Sumberdaya Manusia
  • Wakil Rektor Keuangan & Aset
  • Wakil Rektor Kemahasiswaan, Alumni & AIK
  • Wakil Rektor Kerjasama dan Internasional
  • Sekretaris Universitas.
Pendidikan
  • S1 Universitas Gadjah Mada - 1985
  • S2 Universitas Gadjah Mada - 1997
  • S3 Universitas Padjajaran - 2010
Kiprah di UMY
  • Kepala Puskom UMY 1987 - 1990
  • Pembantu Dekan 1 1991 - 1993
  • Pembantu Rektor 1 2002 - 2006
  • Direktur Pascasarjana 2011 - 2013
  • Wakil Rektor 1 2013 - 2017
Dr. Sukamta, S.T., M.T.

Wakil Rektor Bidang Akademik

Dr. Sukamta, S.T., M.T.

Amanah

  • Merencanakan, menyusun strategi dan kebijakan di bidang akademik yang meliputi masa persiapan studi mahasiswa, pengembangan kurikulum, proses pendidikan dan pengajaran, suasana akademik, proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi;
  • Merencanakan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, instansi-instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka pengembangan bidang akademik yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  • Merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem informasi akademik yang terintegrasi;
  • Merencanakan, memantau dan mengendalikan penegakan aturan tentang karir dosen;
  • Merencanakan standarisasi kurikulum mengarah pada pengembangan kurikulum berbasis kompetensi (KBK);
  • Menyiapkan rencana operasional (RENOP) di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat setiap tahun;
  • Melaksanakan koordinasi dengan Fakultas, Badan Pengembangan & Perencanaan dan Badan Penjaminan Mutu dalam rangka pengembangan bidang akademik;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  • Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya Wakil Rektor Akademik yang baru.

 

Biro/Unit yang di bawahi

  • Dekan/ Direktur
  • Wadek/ Wadir Bidang Riset & Pengabdian Kepada Masyarakat
  • Sekretaris Universitas
  • Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan
  • Kepala Lembaga Riset & Inovasi
  • Kepala Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat
  • Kepala Badan Penjaminan Mutu
  • LPPI
  • Kepala Biro Administrasi Akademik
  • Ketua Jurusan-Program Studi
  • Perpustakaan
  • Kepala Sekretariat Universitas

Pendidikan

  • S1 Universitas Gadjah Mada - 1995
  • S2 Universitas Gadjah Mada - 2000
  • S3 Universitas Gadjah Mada - 2012

Kiprah di UMY

  • Direktur Vokasi 2013 – 2017
Dr. Nano Prawoto, SE., M.Si

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia

Dr. Nano Prawoto, SE., M.Si

Amanah

  • Merencanakan, menyusun strategi dan kebijakan di bidang sumberdaya yang meliputi sumberdaya manusia,  umum (rumah tangga, keamanan, lingkawas),dan hukum;
  • Merencanakan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka pengembangan bidang sumberdaya manusia, umum dan hukum di lingkungan universitas;
  • Merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem yang ada di bidang sumberdaya manusia, umum serta hukum secara terintegrasi;
  • Merencanakan, memantau dan mengendalikan penegakan aturan tentang pegawai dan umum;
  • Menyiapkan rencana operasional (RENOP) di bidang sumberdaya manusia, umum dan hukum;
  • Melaksanakan koordinasi dengan Fakultas, Program Studi, supporting unit khususnya sumberdaya manusia, umum dan hukum dalam rangka pengembangan bidang sumberdaya manusia,umum dan hukum;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  • Melaksanakan tugas lain yang relevan atas perintah pimpinan;
  • Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya Wakil Rektor Sumberdaya Manusia yang baru.

Biro/Unit yang di bawahi

  • Direktur Program Pascasarjana
  • Sekretaris Universitas
  • Wakil Dekan Sumberdaya
  • Kepala Biro Sumber Daya Manusia
  • Kepala Biro Umum
  • Kepala Biro Hukum
  • Kepala Sekretariat Universitas

Pendidikan

  • S1 Universitas Islam Indonesia - 1991
  • S2 Universitas Padjajaran - 1998
  • S3 Universitas Diponegoro - 2011

 

Kiprah di UMY

  • Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2014 – 2017
Dr. Suryo Pratolo, M.Si., Ak.,CA.,AAP-A

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Keuangan dan Aset

Dr. Suryo Pratolo, M.Si., Ak.,CA.,AAP-A

Amanah

  • Merencanakan, menyusun strategi dan kebijakan di bidang keuangan dan aset yang meliputi sumberdaya keuangan dan sumberdaya aset serta pengembangan unit binis di lingkungan universitas;
  • Merencanakan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka pengembangan sumberdaya keuangan, aset dan pengembangan unit bisnis di lingkungan universitas;
  • Merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem yang ada di bidang keuangan, aset dan pengembangan unit bisnis secara terintegrasi;
  • Merencanakan, memantau dan mengendalikan penegakan aturan tentang  pengelolaan keuangan, aset dan unit bisnis universitas;
  • Menyiapkan rencana operasional (RENOP) di bidang keuangan, aset dan unit bisnis;
  • Melaksanakan koordinasi dengan Fakultas, Program Studi, supporting unit khususnya keuangan, aset, dan pengembangan unit bisnis dalam rangka pengembangan bidang sumberdaya;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  • Melaksanakan tugas lain yang relevan atas perintah pimpinan;
  • Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya Wakil Rektor Keuangan dan Aset yang baru.

Biro/Unit yang di bawahi

  • Dekan/ Direktur
  • Sekretaris Universitas
  • Wakil Dekan Sumberdaya
  • Kepala Biro Keuangan
  • Kepala Biro Aset
  • Kepala Biro PKA
  • General Manager UMAT
  • Kepala Sekretariat Universitas

Pendidikan

  • S1 Universitas Gadjah Mada – 1999
  • S2 Universitas Gadjah Mada – 2002
  • S3 Universitas Padjajaran – 2006

 

Kiprah di UMY

  • Asisten Biro Keuangan 2002 – 2006
  • Koordinator Lab Akuntansi 2006 – 2008
  • Wakil Dekan FE 2008 – 2010
  • Wakil Rektor 2 2010 – 2013
  • Wakil Rektor 2 2013 – 2017
Hilman Latief, MA., Ph.D

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK

Hilman Latief, MA., Ph.D

Amanah

  • Merencanakan, menyusun startegi dan kebijakan di bidang layanan kemahasiswaan, alumni/ lulusan, promosi & administrasi PMB dan Al Islam & Kemuhammadiyahan;
  • Merencanakan sistem dan model pembinaan lembaga kemahasiswaan yang dinamis dan mampu mengakomodasi aspirasi mahasiswa;
  • Merencanakan pengembangan diri mahasiswa yang meliputi kegiatan ekstra kurikuler dan prestasinya;
  • Merencanakan sistem dan model pembinaan lembaga kemahasiswaan yang dinamis dan mampu mengakomodasi aspirasi mahasiswa;
  • Mengembangkan soft skills dan karir mahasiswa serta lulusan (retooling);
  • Mengembangkan kerjasama dengan sekolah-sekolah, perusahaan-perusahaan pengguna tenaga kerja dan instansi, baik di dalam maupun luar negeri dalam bentuk penelitian, magang, career day program/job fair;
  • Merencanakan sistem promosi dan penerimaan calon mahasiswa baru strata 1, strata 2 dan strata 3;
  • Merencanakan penataan peraturan kemahasiswaan bidang akademik dan non-akademik di tingkat universitas;
  • Melakukan pembinaan dan pendampingan Al Islam & Kemuhammadiyahan kepada mahasiswa;
  • Menyusun dan menetapkan rencana operasional (RENOP) di bidang kemahasiswaan, alumni/ lulusan, promosi & penerimaan mahasiswa baru dan AIK strata 1, strata 2 dan strata 3;
  • Merencanakan informasi dan kemudahan akses lowongan pekerjaan bagi alumni;
  • Merencanakan dan menyebarluaskan informasi lulusan;
  • Membina jaringan kerjasama alumni dengan KAUMY dan melaksanakan tracer study;
  • Memonitor sistem informasi yang terintegrasi di berbagai bidang khususnya bidang kegiatan kemahasiswaan, alumni/ lulusan, promosi & penerimaan mahasiswa baru dan AIK strata 1, strata 2 dan strata 3;
  • Memonitor dan mengevaluasi kegiatan kemahasiswaan, alumni/ lulusan, promosi & penerimaan mahasiswa baru dan AIK;
  • Melaksanakan koordinasi dengan fakultas dalam rangka pengembangan bidang kemahasiswaan, alumni/ lulusan, promosi & penerimaan mahasiswa baru dan AIK;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  • Melaksanakan tugas lain yang relevan atas perintah pimpinan;
  • Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya Wakil Rektor Kemahasiswaan, Alumni & AIK yang baru.

Biro/Unit yang di bawahi

  • Sekretaris Universitas
  • Dekan/ Direktur
  • Kepala Badan
  • Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Kepala Biro Admisi
  • Kepala LPPI
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Pendidikan

  • S1 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta – 1999
  • S2 Universitas Gadjah Mada – 2002
  • S2 Western Michigan University, USA – 2005
  • S3 Utrecht University, the Netherlands – 2012

Kiprah di UMY

  • Kepala LP3M 2013 – 2017
Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional

Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc

Amanah

  • Merencanakan, menyusun startegi dan kebijakan di bidang kerjasama dan internasionalisasi (internasionalisasi, sistem informasi dan hubungan masyarakat & protokol);
  • Mengembangkan jaringan kerjasama di dalam maupun di luar negeri baik yang bersifat akademik dan non akademik;
  • Mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi di tingkat universitas;
  • Membentuk sistem kerjasama (MoU) yang terintegrasi dengan unit;
  • Mengembangkan dan menetapkan  aturan, kebijakan bidang humas dan protokol di tingkat universitas;
  • Mengevaluasi dan memonitor sistem informasi yang terintegrasi di berbagai bidang khususnya kerjasama dan internasionalisasi (internasionalisasi, sistem informasi dan hubungan masyarakat & protokol);
  • Menyusun dan menetapkan rencana operasional (RENOP) di bidang kerjasama dan internasional (internasionalisasi, sistem informasi dan hubungan masyarakat & protokol);
  • Memonitor dan mengevaluasi kegiatan kerjasama dan internasionalisasi(internasionalisasi, sistem informasi dan hubungan masyarakat & protokol);
  • Melaksanakan koordinasi dengan fakultas dalam rangka pengembangan bidang kerjasama dan internasionalisasi (internasionalisasi, sistem informasi dan hubungan masyarakat & protokol);
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  • Melaksanakan tugas lain yang relevan atas perintah pimpinan;
  • Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya Wakil Rektor Kerjasama dan Internasionalisasi yang baru.

Biro/Unit yang di bawahi

  • Sekretaris Universitas
  • Dekan/ Direktur
  • Kepala Badan
  • Lembaga Kerjasama
  • Kepala Biro Humas dan Protokol
  • Kepala Biro Sistem Informasi

Pendidikan

  • S1 Universitas Gadjah Mada - 1989
  • S2 Asia Institute of Technology, Thailand – 1995
  • S3 Universitas Indonesia – 2008

Kiprah di UMY

  • Kepala Jurusan Ilmu Pemerintahan 1996-1998
  • Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 1999-2001
  • Kepala Unit Penjaminan Mutu 2001-2003
  • Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 2009-
  • Direktur JK School of Government 2013-
  • Direktur Pascasarjana 2013-2017
Ir. Nafi Ananda Utama, M.S

Sekretaris Universitas

Ir. Nafi Ananda Utama, M.S

Amanah

  • Menyusun rencana anggaran kegiatan  administrasi perkantoran universitas;
  • Mengkoordinasikan secara umum aktivitas administrasi kantor Sekretariat Rektorat dan memberikan pelayanan kepada Pimpinan (Rektor dan Wakil Rektor) yang berkaitan dengan keperluan dinas;
  •  Mengkoordinasikan, merumuskan, dan mensosialisasikan kebijakan pimpinan kepada unit-unit kerja terkait melalui prosedur administratif;
  • Menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang ada dan mengagendakan pertemuan pimpinan untuk menentukan kebijakan;
  • Mendeskripsikan kebijakan pimpinan ke dalam bentuk keputusan atau penugasan;
  • Menyiapkan draf Naskah Kerjasama (MoU) dengan pihak-pihak lain;
  • Mengatur acara Pimpinan yang berkaitan dengan pihak internal maupun pihak-pihak eksternal;
  • Memfasilitasi kegiatan dinas Pimpinan (Rektor dan Wakil Rektor), menyangkut keperluan administrasi, akomodasi, transportasi, dan sarana lain yang diperlukan;
  • Melaksanakan koordinasi dengan staf administrasi perkantoran dalam mewujudkan tingkat pelayanan yang memuaskan stakeholders;
  • Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan di bidang administrasi perkantoran universitas;
  • Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hardcopy dan atau softcopy;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  • Melaksanakan tugas lain yang relevan atas perintah atasan;
  • Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan setidaknya selama 1 (satu) bulan setelah terpilihnya Kepala Kantor Sekretariat Universitas.

Biro/Unit yang dibawahi

  • Staf

Pendidikan

  • S1 Universitas Gadjah Mada - 1986
  • S2 Universitas Gadjah Mada - 1992

Kiprah di UMY

  • Pengelola kebun dan pengembangannya 1986 - 1987
  • Pembantu Dekan III Fakultas Pertanian 1987 - 1989
  • Pembantu Dekan III Fakultas Pertanian 1989 - 1991
  • Ketua Jurusan Budidaya Pertanian 19993 - 1996
  • Ketua PUSKOM 1994 - 1996
  • Dekan Fakultas pertanian 1996 - 1999
  • Ka Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi 19993 - 2003
  • Ka Biro Sistem Informasi 2004 - 2007
  • Pembantu Rektor 1 2008 - 2010
  • Wakil Rektor 1 2010 - 2012
  • Staf Ahli Rektor 2011 - 2012
  • Staf Ahli Rektor 2012 - 2013
  • PLT Wakil Rektor 1 2013
  • Sekretaris Universitas 2013 - 2017