Pimpinan UMY Silaturrahim dengan Orang Tua/Wali Maba

Agustus 29, 2015 oleh : BHP UMY

IMG_8348Dalam dunia pendidikan, orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang prestasi anak. Oleh karenanya, sebelum memasuki ranah perkuliahan, para orangtua mahasiswa baru UMY diberikan orientasi terkait kehidupan yang akan dijalani para mahasiswa selama di kampus. Orientasi diberikan dalam agenda “Silaturrahim Orang Tua Mahasiswa Baru Angkatan 2015/2016” pada Sabtu (29/08) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam agenda tersebut, rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A. menyampaikan bahwa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah menorehkan sejumlah prestasi. Antara lain Fakultas Teknik UMY berhasil menjuarai kompetisi desain alat bantu gerak tingkat ASEAN sekaligus menjadi perwakilan Indonesia untuk China. Mahasiswa Fakultas Hukum UMY mewakili Indonesia dalam debat di Nebraska. “Selain itu, di gedung Sportorium ini pernah diselenggarakan agenda-agenda besar seperti Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) tahun 2012, Kontes Robot Indonesia pada 2015 dan beberapa hari lalu juga UMY bekerja sama dengan TVRI menyelenggarakan ABU Robocon 2015 di sportorium UMY,” ujarnya.

Prof. Bambang juga menambahkan bahwa UMY secara penuh akan mendukung mahasiswanya dalam membentuk karakter yang unggul dan islami. UMY akan mendorong aktivitas akademik, dan penelitian yang dilakukan mahasiswa sehingga dapat menciptakan mahasiswa yang unggul. Selain itu untuk menciptakan mahasiswa yang Islami, UMY juga mengadakan program pelatihan baca Al-Qur’an selama satu tahun, yang dibina oleh LPPI (Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam) UMY.

Selain itu, dalam silaturrahim dengan orang tua mahasiswa baru juga disampaikan keadaan keamanan dan ketertiban di Kecamatan Kasihan oleh Kompol H. Suwandi, selaku Kapolsek Kecamatan Kasihan. Ia menyampaikan bahwa kecamatan Kasihan merupakan kecamatan kelima tertinggi terjadinya tindakan kriminal. Oleh karenanya, para mahasiswa diharuskan untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam menyimpan barang-barang berharga dan kendaraan bermotor. “Jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan, masyarakat maupun mahasiswa dapat segera menghubungi call center polsek Kasihan di 110,” ujarnya.

Selain itu juga hadir Dr. dr. Arlina Dewi, M.Kes., AAK selaku direktur Klinik Pratama 24 Jam “Firdaus” UMY. Ia menyampaikan bahwa UMY juga telah mempunyai klinik yang dapat melayani selama 24 jam dengan letak strategis di Wirobrajan, Yogyakarta. “Terkadang mahasiswa membutuhkan layanan Klinik di malam hari, kini UMY telah memiliki Klinik Pratama 24 yang letaknya strategis di wilayah kota. Hal ini dikarenakan, banyak mahasiswa UMY yang tinggal tidak hanya di sekitar kampus,” terangnya.
Ia juga menambahkan bahwa Klinik “Firdaus” UMY juga menerima pasien BPJS kesehatan. Selain itu juga dibuka pelayanan konseling individu dan kelompok yang dibuka setiap hari kerja pada pukul 14.00-17.00. Konseling tersebut terdiri atas konseling berhenti merokok, gangguan belajar dan lain sebagainya.

Dalam silaturrahim orang tua tersebut juga disebutkan para mahasiswa penerima beasiswa Dokter Muhammadiyah dan Beasiswa Bidikmisi. Hal tersebut ditujukan supaya para orangtua tahu bahwa UMY memiliki fasilitas beasiswa yang akan diberikan kepada para mahasiswanya yang berprestasi, untuk mendukung aktivitas akademik mahasiswa. (Deansa)