House Family Bedakan ITMSS dengan Summer School yang lain

Agustus 3, 2016 oleh : BHP UMY

IMG_8731

Rangkaian acara International Tropical Medicine Summer School 2016 berlanjut hinga memasuki hari ketiga ini. Ada yang menarik pada ITMSS kali ini, jika biasanya peserta Summer School tinggal di hotel atau penginapan, maka peserta ITMSS kali ini ditempatkan di rumah-rumah warga.

Seperti diberitakan sebelumnya, Peserta ITMSS 2016 berjumlah 23 orang dan berasal dari 10 Negara. Selama 18 hari di Indonesia, para peserta akan tinggal dalam rumah yang disediakan oleh panitia. yang disebut House Family. “Memang Panitia menyediakan 23 volunteer yang bersedia agar rumahnya ditinggali oleh peserta ITMSS. Dengan house family tersebut, peserta diharapkan dapat berinteraksi dengan keluarga Indonesia secara langsung,” ujar Latifah selaku Koordinator acara, saat ditemui di sela-sela kegiatan tutorial peserta Summer School, di Gedung F2 FKIK, Kampus Terpadu UMY, Rabu (3/8).

Latifah menyatakan bahwa House Family ini memberikan dampak yang positif agar peserta mengenal budaya Indonesia secara langsung. “House Family bagi peserta merupakan terobosan kami untuk menarik para pserta. Dengan adanya hal tersebut, kami berharap interaksi langsung antara peserta dengan keluarga Indonesia, sehingga peserta bisa mempelajari budaya Indonesia langsung dengan orang terdekat,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya House Family inilah yang membedakan ITMSS dengan program Summer School yang lainnya. “Program Summer School yang lain biasanya menggunakan hotel sebagai tempat akomodasi, namun kami tidak. Kami menganggap peserta akan dimudahkan mobilitasnya dengan adanya House Family ini. Contohnya, ketika peserta akan pergi jalan-jalan, mereka tiak perlu berjalan-jalan sendiri karena ada voluntter dari House Family yang menemani mereka,” paparnya.

Latifah juga menambahkan bahwa kegiatan peserta ITMSS di Yogyakarta ini mereka bagi dalam 3 minggu. “Minggu pertama kami fokuskan untuk kegiatan Campus Base, yang berbasis di Kampus. Minggu ke dua materi diisi dengan fokus pengabdian masyarakat. Di Minggu terakhir, peserta diajak jalan-jalan lewat program sosial,” tambahnya.

Adapun kegiatan tutorial yang berlangsung hari ini merupakan salah satu rangkaian acara ITMSS yang termasuk dalam Kampus Base.“Kegiatan Tutorial merupakan aplikasi dari kegiatan perkuliahan yang diadakan sebelumnya. Keduanya merupakan satu rangkaian dengan Skills Lab yang juga diadakan setelahnya,” jelasnya.

Dia melanjutkan bahwa dalam tutorial ini peserta diajak berdiskusi dengan ahli dan diajarkan cara pemecahan masalah. “Peserta diberikan suatu situasi. Dalam situasi tersebut peserta mendapat peran yang berbeda-beda. Mereka akan berperan sesuai peran masing-masing dan ditantang menyelesaikan suatu kasus,” imbuhnya Latifah lagi.

ITMSS sendiri berlangsung hingga 18 Agustus 2016. Acara Malam Penyambutan telah dilaksanakan Senin (1/8) di Hall Asri Medical Center Yogyakarta. Selanjutnya dalam beberapa hari kedepan, mereka akan diajak berjalan-jalan mengenal Yogyakarta lebih jauh. Rencananya mereka akan diajak ke pusat pembuatan Bakpia dan mengunjungi Alun-Alun Kidul Yogyakarta. (bagas)

Sharing is caring!