Ganis dan Juli Makin Selektif Pilih Perguruan Tinggi

Juni 17, 2014 oleh : BHP UMY
Juli dan Ganis

Julia Astriani dan Ganis Kusumaningrum (jilbab) di Kampus UMY

UMY beda, itulah kata yang diutarakan Ganis, siswi SMAN 1 Gading Rejo, Piringsewu, Lampung ketika menginjakkan kakinya di Kampus Terpadu UMY. Ganis mengaku terpukau melihat arsitektur bangunan UMY yang berdiri di lingkungan yang hijau. Selain itu seusai melakukan kunjungan bersama ratusan teman sekolahnya itu ia juga merasa sambutan yang diberikan pihak UMY sangat ramah.

“Bangunannya beda dari kampus yang lain, rapi dan orangnya ramah,” tutur pemilik nama lengkap Ganis Kusumaningrum ketika ditemui Biro Humas dan Protokol UMY di sela-sela kunjungannya di UMY , Selasa (17/6) pagi.

UMY merupakan kampus terakhir yang dikunjungi Ganis di Yogyakarta bersama rekan-rekannya, sebelum ke UMY rombongan SMAN 1 Gading Rejo yang datang dengan beberapa bus sempat melakukan kunjungan ke dua kampus berbeda di kota Pelajar. Namun Ganis merasa kunjungannya ke UMY adalah yang paling berkesan, pasalnya setelah mendapatkan pemaparan dari pihak UMY ia merasa mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang Perguruan Tinggi. Selain itu ia bersama teman-teaman dan guru-gurunya juga terlihat terhibur dengan games yang telah disiapkan oleh petugas Biro Penerimaan Mahasiswa Baru UMY.

Siswi yang memiliki cita-cita sebagai manajer perusahaan itu kini tahu apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih Perguruan Tinggi, seperti akreditasi yang sangat mempengaruhi diterimanya lulusan di dunia kerja. Ia juga mulai menimbang untuk menjadikan UMY sebagai pilihan ketika kelak ia akan masuk ke Perguruan Tinggi.

“Sambutan yang diberikan UMY beda jauh, sambutannya baik sekali kepada kami. Di sini benar-benar mendapatkan banyak ilmu. Ada minat pasti untuk kuliah di sini Soalnya akreditasinya sudah baik,” sambung siswi kelas XI IPS 2 itu.

Demikian pula yang diungkapkan Julia Astriani, teman sekelas Ganis di sekolah. Sebelumnya ia mengaku  tidak mengetahui bahwa akreditasi menjadi salah satu hal yang sangat penting ketika memilih Perguruan Tinggi. Setelah mendapatkan pemaparan di UMY ia nantinya akan memilih kampus yang sudah terjamin serta memiliki akreditasi, hal itu menurutnya penting agar tidak menyulitkannya ketika meniti karir nantinya.

“Sebelumnya belum tahu kalau akreditasi akan mempengaruhi ketika meniti karir nantinya. Setelah mendapatkan paparan kami jadi tahu. Ke depannya nanti akan pilih yang sudah akreditasi dan terjamin,” kata gadis yang memiliki cita-cita menjadi Polwan itu.

Siswa SMAN 1 Gadingrejo

Sejumlah siswa SMAN 1 Gadingrejo tengah mendengarkan paparan Petugas Biro Penmaru UMY

Kedua pelajar itu mengatakan tidak tahu mengapa pihak sekolah mengajak mereka berkunjung ke UMY. Namun yang pasti mereka merasa senang dan tidak menyesal telah berkunjung ke UMY, Ganis dan Juli kompak menyebut UMY sebagai kampus yang nyaman.

Setelah berkunjung ke UMY rombongan SMAN 1 Gading Rejo yang tiba di Yogyakarta hari Senin lalu akan melakukan perjalanan ke Bandung, Jawa Barat untuk melanjutkan rangkaian study tournya dan bertolak ke Lampung pada Kamis (19/6).

“Tiba-tiba diajak ke UMY sama pihak sekolah. Kampusnya nyaman juga,”  kata Juli menambahkan.

Selain dari SMAN 1 Gading Rejo, Piringsewu, Lampung, pada hari yang sama pula, UMY juga dikunjungi oleh sejumlah siswa dari SMAN 1 Gedung Aji, Lampung. Kedatangan mereka disambut oleh pihak Fakultas Hukum UMY.

 

Sejumlah siswa SMAN 1 Gedung Aji, Lampung mendengarkan paparan dari perwakilan Fakultas Hukum UMY.

SMAN 1 Gedung Aji, Lampung di Fakultas Hukum UMY.