Fakultas Hukum UMY Kerjasama Inisiasi the First ASIAN Conference on Comparative Laws (ASIAN-COL)

Mei 2, 2018 oleh : BHP UMY

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerja sama dengan Association of Indonesian Comparative Laws menginisiasi the First ASIAN Conference on Comparative Laws (ASIAN-COL). Seminar ini bertujuan untuk mendorong gerakan interdisipliner teoritis dan empiris pada bidang hukum perbandingan. Sebagaimana disampaikan oleh Yordan Gunawan, S.H., MBA selaku Ketua Pelaksana The First ASIAN-COL, dalam sambutannya pada Rabu (2/5).

Dalam seminar yang bertempat di Gedung AR. Fachrudin B UMY ini, Yordan menjelaskan bahwa dalam hukum perbandingan, lokasi menjadi hal yang penting untuk diketahui. “Karena itulah seminar ini diselenggarakan, untuk mengetahui mengapa lokasi menjadi hal yang penting dan memastikan sensitivitas lokasi dalam hukum perbandingan. Walaupun nantinya isu perbadingan yang lain mungkin akan diusulkan,” ungkapnya.

Seminar yang mengusung tema “Perbandingan Hukum dan Budaya Hukum di Asia” ini juga didukung oleh beberapa universitas di luar negeri. Seperti National Cheng Kung University Taiwan, International Islamic University Malaysia, ASIA University Taiwan, dan Istanbul Medeniyet University Turkey. Seminar ini menurut Yordan juga akan diselenggarakan hingga Kamis (3/5).

Yordan juga menambahkan bahwa sudah ada 47 paper yang akan dipresentasikan pada hari ke dua besok. Ia juga percaya bahwa acara tersebut merupakan suatu langkah yang baik sebagai kontribusi untuk perkembangan ilmu pengetahuan. “Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas akademis dan memperkuat posisi kita sebagai pusat pengetahuan. Dan kebijakan dari hukum perbandingan akan menawarkan kontribusi yang berarti bagi perkembangan masyarakat,” imbuhnya.(pras)