Andalkan Pengereman Terbaik, Mobil Listrik KHAD UMY Ikut Kompetisi KMLI VI

November 13, 2014 oleh : BHP UMY

IMG-20141113-WA0000

Setelah melewati masa produksi dan persiapan selama 3 Minggu, Kyai Haji Ahmad Dahlan (KHAD) begitu nama yang diberikan oleh Tim KHAD Racing Team Electric Vehicle UMY, siap bertanding kembali dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) ke VI 2014 di Bandung. Dalam kompetisinya nanti Mobil Listrik produksi Fakultas Teknik Mesin Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini akan mengandalkan kemampuan pengereman terbaik agar mampu menjuarai kompetisi dalam kategori Pengereman Terbaik dalam KMLI ke VI 2014 tersebut yang akan diselenggarakan pada 15 November mendatang.

Ketua Team KHAD UMY, Dwi Cahyo saat pelepasan keberangkatan pada Rabu, (12/11) di Halaman Laboratorium Teknik Mesin UMY mengatakan, mobil listrik KHAD generasi kedua ini adalah hasil pembaharuan dari Generasi KHAD pertama. Menurutnya, generasi kedua KHAD akan memaksimalkan pada Kategori pengereman, karena menurutnya KHAD Generasi Ke dua ini setelah melakukan beberapa kali uji, keunggulan utamanya yang ditemui adalah pengereman yang begitu sempurna dibandingkan dengan pengalamannya pada kompetisi tahun lalu.

“Dalam beberapa kali uji, KHAD generasi kedua ini terlihat pada saat uji pengereman. Di sini kami yakin bahwa KHAD generasi kedua ini akan unggul dalam kategori pengereman, sehingga kami targetkan kita bisa juara pada kategori pengereman. Akan tetapi dalam pembaruan ini dalam hal efesiensi juga kami tingkatkan, KHAD generasi kedua lebih efesiensi dalam daya tahan baterai. Namun kami belum menargetkan dalam kategori efiensi karena belum ada banyangan bagaimana tingkat efesiensi dari mobil peserta yang lainnya,” jelasnya.

Selain itu Wakil Dekan Slamet Riyadi, ST., MT., Ph.D saat memimpin pelepasan secara simbolik ini, juga menjelaskan bahwa pihaknya mewakili universitas berharap yang terbaik dari kompetisi ini. Jika ditargetkan dalam uji pengereman, maka universitas sangat mendukung hal tersebut, yang terpenting adalah program pembuatan mobil listrik ini tidak hanya sampai pada kompetisi saja, melainkan pihaknya berharap agar kegiatan tersebut menjadi kegiatan berkelanjutan.

“Kami selaku wakil dekan, dan juga mewakili Universitas dalam hal ini berharap apapun hasilnya adalah yang terbaik dalam kompetisi ini. Universitas tetap menargetkan yang terbaik. Jika anda mengatakan bahwa targetnya adalah juara dalam kategori pengereman, maka kami akan medukung penuh target tersebut. Tetapi yang terpenting bagi universitas adalah, agar semangat pembuatan mobil listrik ini tidak hanya sampai di sini saja, akan tetapi bisa terus menjadi kegiatan berkelanjutan bagi Anda semua dan generasi selanjutnya,” ujarnya.

Selain melakukan pelepasan secara simbolik, Slamet juga melakukan test drive KHAD generasi ke 2, mengelilingi seputaran Gedung Laboratorium Teknik Mesin dan juga melakukan beberapa uji sederhana, seperti pengereman, kecepatan, dan kek. Adapun tim KHAD UMY generasi kedua ini telah berangkat pada Rabu malam (12/11) menuju Bandung untuk mengikuti kompetisi KMLI ke VI ini.

Sharing is caring!