Akreditasi Tunjukan Akuntabilitas Perguruan Tinggi

Oktober 24, 2017 oleh : Una

            Akreditasi merupakan salah satu nilai yang menunjukan akuntabilitas sebuah institusi Perguruan Tinggi (PT). Akreditasi juga merupakan sebuah bentuk tanggung jawab moral kepada masyarakat.

            Hal tersebut disampaikan Jazaul Ikhsan, S.T., MT.,Ph.D Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FT UMY) ketika memberikan sambutan pada acara visitasi akreditasi Jurusan Teknik Sipil FT UMY Selasa (24/10) di Gedung  Siti Walidah Kampus Terpadu UMY.

            Jazaul Ikhsan mengatakan bahwasanya dengan adanya visitasi akreditasi dapat menunjukan kualitas mutu dari sebuah institusi. “Biasanya kami juga diaudit dari pihak internal yaitu BPM namun kali ini kami akan diaudit oleh BAN-PT dan ini merupakan suatu hal yang akan menunjukan kualitas mutu dari sebuah institusi perguruan tinggi khususnya,” tuturnya.

            Senada dengan hal tersebut Dr. Ir. Najid, M.T salah satu dari dua anggota Tim Asesor mengatakan bahwasanya Visitasi Akreditasi adalah sebagai bentuk pembuktian dari berkas yang telah dikirimkan dari tahap sebelumnya. “Jadi proses visitasi ini adalah proses potret dari bukti-bukti atas berkas yang telah dikirimkan dan nantinya akan dilakukan penilaian yang akhirnya menunjukan kualitas mutu,” tambahnya

             Tim Asesor yang hadir dalam visitasi akreditasi Program Studi Teknik Sipil UMY kali ini ialah Dr. Ir. Najid, M.T dari Universitas Tarumanegara, Jakarta dan Dr. Abdul Gaus,S.T., M.T dari Universitas Khairun Ternate. Tim Asesor akan menilai kinerja dari Jurusan Teknik Sipil mulai dari aspek implementasi visi hingga aspek dosen, staff, alumni dan mahasiswa.

         Selain itu, Prof. Agus S. Muthohar, Ph.D selaku Ketua Program Studi Teknik Sipil memaparkan di depan Tim Asesor perihal target yang akan dicapai, “ Di tahun 2021 target kami akan masuk ke wilayah ASEAn dan sebagai buktinya kami telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di ASEAN,” paparnya. (Zaki)

Sharing is caring!