190 mahasiswa raih beasiswa UMY

Oktober 4, 2010 oleh : BHP UMY

Sebanyak 190 mahasiswa baru tahun ajaran 2010/2011 meraih beasiswa yang disediakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). UMY juga menerima mahasiswa asing dari Thailand Selatan yang mengikuti perkuliahan di Fakultas Agama Islam dan Ilmu Sosial dan Politik. Hal ini meningkat sekitar 77% dibandingkan tahun 2009/2010. Kenaikan ini sejalan dengan peningkatan jumlah mahasiswa baru sebesar 32% dibanding tahun lalu.

Demikian disampaikan Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru UMY, Sutrisno Wibowo, M.Si, saat ditemui di sela-sela kegiatan Silaturahmi Orang tua/Wali Mahasiswa Baru 2010/2011 di Sportorium UMY Sabtu (2/10).

Ia menuturkan jika jumlah mahasiswa UMY tahun ini mengalami peningkatan lantaran fasilitas pendukung pembelajaran seperti laboratorium dan teknologi informasi di UMY telah diketahui masyarakat luas. “Peningkatan ini juga dikarenakan beberapa hal seperti pembukaan tiga program studi baru di UMY, meningkatnya prestasi mahasiswa UMY, dan bertambahnya kepercayaan masyarakat terhadap UMY,” imbuhnya

Terkait dengan Silaturahmi tersebut, Wakil Rektor I UMY, Nafi Ananda M.S., menjelaskan bahwa silaturahmi yang melibatkan orang tua atau wali mahasiswa baru ini merupakan ajang pengenalan bagi para orang tua yang mungkin belum mengetahui secara lengkap mengenai sistem akademik di UMY. “Selama ini, beberapa orang tua maupun wali mahasiswa mungkin belum mengenal UMY lebih dekat seperti proses belajar mengajar, aktivitas mahasiswa, hingga sistem administrasi yang berlaku di UMY. Oleh karenanya, ajang ini dapat menjadi referensi bagi para orang tua wali untuk mengikuti perkembangan putra-putrinya kelak,” jelas Nafi.

Ia juga menambahkan kegiatan ini juga bentuk komitmen UMY sebagai institusi pendidikan dalam menjaga kepercayaan yang diberikan para orang tua yang telah menitipkan putra-putrinya menuntut ilmu di UMY.

Pada tahun ajaran 2010/2011 ini, sekitar 2.500 menjadi mahasiswa baru UMY sehingga direncanakan sekitar lima ribu orang tua wali mahasiswa baru akan menghadiri silaturahmi tersebut. “Mahasiswa UMY pun beragam dari berbagai provinsi di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua, termasuk mahasiswa Thailand yang mendapat beasiswa dari UMY dan saat ini belajar di International Class jurusan Hubungan Internasional dan Fakultas Agama Islam,” urai Nafi.