UMY Siapkan Berbagai Fasilitas Untuk KRI 2015

Juni 10, 2015 oleh : BHP UMY

Berbagai fasilitas telah disiapkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam menyambut gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015 pada 11-14 Juni 2015. Fasilitas ini mulai dari gedung utama tempat pelaksanaan lomba, hingga penyiapan fasilitas-fasilitas pendukung lomba. Tempat yang dipakai untuk pelaksanaan KRI 2015 akan dipusatkan di gedung Sportorium UMY yang memiliki kapasitas 5000 orang dan luas sekitar 21.500 meter persegi.

“Seluruh persiapan untuk semua fasilitas sudah sekitar 80 % untuk menyambut KRI 2015. Kami akan sediakan berbagai fasilitas untuk mendukung pelaksaan lomba seperti panggung untuk lomba dan berbagai fasilitas lainnya,” ujar Surya Budi Lesmana, anggota seksi perlengkapan KRI 2015, saat diwawancara pada Selasa (9/6).

Surya menambahkan, bahwa nanti akan disediakan lima panggung lomba untuk empat jenis lomba, yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). “Kami sediakan lima panggung karena khusus untuk KRPAI ada dua jenis lagi, yakni KRPAI Beroda dan KRPAI Berkaki,” tambah Surya.

Beberapa fasilitas pendukung lainnya juga sudah dipersiapkan, seperti pitstop untuk peserta mempersiapkan robotnya sebelum bertanding. Kemudian ada fasilitas kesehatan untuk mewaspadai ketika peserta lomba mengalami sakit. “Kami juga telah menambah kapasitas penerangan tempat perlombaan dengan menambah lampu sebanyak 40 titik yang diarahkan ke panggung perlombaan. Setiap lampunya berdaya 400 watt sehingga kekuatan cahayanya sekitar 350 lumen. Itu sudah sesuai dengan petunjuk dan teknis yang telah diberikan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI),” kata Surya.

Selain itu, untuk mewaspadai adanya konslet atau kerusakan pada saat peserta mempersiapkan robotnya untuk lomba, akan disediakan tenaga teknis untuk membantu peserta memperbaiki titik konsletnya. Di dalam gedung Sportorium juga akan disediakan media center untuk membantu para jurnalis untuk meliput KRI 2015 selama lomba berlangsung. Untuk memenuhi kebutuhan peserta, panitia juga telah menyediakan toilet sebanyak 58 unit yang tersebar di berbagai titik di dalam gedung Sportorium. (bram)