UMY Lakukan Kunjungan UUM IIUM dan USIM Untuk Perkuat Kerja Sama

Juli 1, 2019 oleh : BHP UMY


Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki berbagai program beasiswa yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, baik bagi calon mahasiswa domestik maupun internasional. Dalam rangka mempromosikan skema Beasiswa Internasional UMY, Direktur Kantor Hubungan Internasional, Yordan Gunawan, bersama dengan Direktur Kerjasama Administrasi, Farindira Vesti Rahmasari, melakukan kunjungan ke Malaysia. Kunjungan tersebut dilaksanakakan pada hari Selasa (25/6) hingga Rabu (26/6) dengan tujuan Universiti Utara Malaysia (UUM), Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM) dan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM).

Dalam kunjungan hari pertama, rombongan UMY bertolak menuju UUM. “Pada kunjungan tersebut kami bertemu dengan; Dekan PPA College of Business (COB), Dr. Herman Shah Anuar; Deputi Dekan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum, Pemerintahan dan Studi Internasional PPA (COLGIS); Dekan Sekolah Tinggi Seni dan Sains (COAS) PPA, Dr. Bahtiar Mohamad; Manajer Hubungan dan Kerjasama Internasional, Dr. Rahayu Ahmad; Asisten Senior Direktur UUM International Relations Office, Mohd. Khairy Mukhtaruddin; dan Wakil Direktur, Dr. Nur Khairiel Anuar,” ujar Yordan.

“Hubungan kerja sama antara UMY dan UUM sudah berlangsung selama 8 tahun, terutama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMY. Pada pertemuan tersebut, UMY dan UUM berkomitmen untuk melakukan perluasan kerjasama dengan kegiatan akademik jangka pendek lainnya seperti Summer Course. Dean Herman juga berharap agar kerja sama yang terjalin tidak hanya dengan FEB, tetapi juga fakultas lain. Pada semester genap mendatang 9 mahasiswa UUM akan mengikuti program pertukaran mahasiswa,” sambung Yordan.


Di hari kedua rombongan UMY melanjutkan visitasi dengan mengunjungi IIUM. “IIUM merupakan salah satu rekan penting UMY yang sudah menjalin hubungan kerja sama selama 15 tahun. Kita banyak berkolaborasi dalam berbagai kegiatan mulai dari; Joint Research; Pertukaran Mahasiswa, terutama dengan Fakultas Hukum dan Ekonomi; serta dalam skema Visiting Proffessor. Dalam kesempatan tersebut hadir; Dr. Amir Akramin bin Shafie, Kulliyyah of Engineering; Dr. Soni Zulhuda, Kepala Kulliyyah of Laws; dan Wan Sharina, International Relations Office,” ungkap Yordan.

Kunjungan selanjutnya dilakukan USIM, dan disambut oleh; Wakil Direktur USIM ‘Alamiyah, Dr. Muhammad Aunurrochim Bin Mas’ad Saleh; Direktur USIM ‘Alamiyah, Dr. Khatijah Othman.”USIM merupakan salah satu universitas Islam terkemuka dan terdaftar sebagai University International Integrated Malaysia. Pada kesemptan tersebut Direktur Khatijah menyebutkan bahwa pihaknya berencana akan membuka skema kerja sama baru dalam bidang Pertukaran Mahasiswa, Pertukaran Staf, dan Joint Research. Ini juga diikuti oleh Wakil Direktur Aunurrochim yang ingin membuka kerjasama dengan Fakultas Kedokteran UMY,” papar Yordan.