Berita

UMY Kembali Jadi Tuan Rumah Taiwan Higher Education Fair 2020

Mengenyam pendidikan di luar negeri merupakan sebuah cita-cita bagi kebanyakan mahasiswa. Persiapan seperti berkas, finansial, dan mental perlu juga didukung dengan cukupnya informasi yang didapatkan. Hadirnya pameran perguruan tinggi menjadi jembatan untuk para mahasiswa menemui informasi tersebut. Taiwan Education Center in Surabaya (TECSID) yang dikelola oleh Asia University kembali menggelar Taiwan Higher Education Fair 2020 dan kembali menjadikan Universitas Muhmmadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai tuan rumahnya di Yogyakarta. 

Pameran ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh TECSID dua kali dalam setiap tahunnya di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, dan Makassar. Biasanya pameran digelar secara luar jaringan (luring) dengan menghadirkan stand dari berbagai perguruan tinggi di Taiwan. Namun tahun ini pameran dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan platform aplikasi bernama THEF Virtual App yang khusus dikembangkan untuk pelaksanaan pameran ini. 

Setelah sebelumnya sukses dilaksanakan pada Juni lalu, acara yang digelar Sabtu (21/11) lalu ini sukses mencatat lebih dari 9.700 peserta yang berpartisipasi dalam siaran secara langsung dari Hotel Evergreen Taichung, Taiwan. Antusias peserta sangatlah tinggi karena mereka dapat berinteraksi langsung dengan para perwakilan perguruan tinggi di Taiwan untuk berdiskusi dan mendapat informasi secara akurat. 

Dalam sambutannya, Dr. Mon-Chi Lio, Deputi Politik Menteri Pendidikan Taiwan, menjelaskan bahwa saat ini terdapat 38 universitas di Taiwan yang masuk kedalam peringkat dunia seperti QS World University Ranking. “Ini merupakan sebuah indikator bahwa kualitas pendidikan tinggi di Taiwan telah diakui secara global. Taiwan selama 3 tahun terakhir ini telah memberikan beasiswa kepada 152 dosen dari Indonesia untuk melanjutkan studi di Taiwan, dan jumlah ini terus bertambah setiap tahun,” ungkapnya. 

Hingga saat ini Taiwan memiliki Taiwan Education Center (TEC) yang tersebar di 3 lokasi di Indonesia yakni di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Airlangga Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Rektor UMY, Dr. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., memberikan ucapan selamat dan berharap pertukaran akademik antara Taiwan dan Indonesia khususnya UMY dapat terus terjalin meskipun saat ini tengah berada di masa pandemi. “Pameran edukasi virtual terbesar, THEF, ini mampu menjadi tonggak awal sebagai penguat dari hubungan kerjasama antara Taiwan dan Indonesia, serta UMY dan perguruan tinggi di Taiwan,” tambahnya. (ays)

Share This Post

Berita Terkini