UMY Berikan Pelatihan Jurnalistik Untuk LLDIKTI Wilayah V

Agustus 6, 2020 oleh : BHP UMY

Pegawai Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V mengunjungi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk mengikuti acara Pelatihan Jurnalistik selama dua hari (4-5 Agustus) di Ruang Sidang Lantai 5 Gedung AR. Fachruddin A Kampus Terpadu UMY. Dosen Ilmu Komunikasi dan pegawai Biro Humas Protokol UMY menjadi pembicara untuk berbagi ilmu tentang bagaimana pentingnya jurnalistik.

Pada hari pertama, pemateri memberikan input keilmuan tentang penulisan jurnalistik, konten desain dengan gawai, konten video dengan gawai, hingga pendampingan langsung untuk pembuatan konten berita dengan kemasan yang menarik di hari berikutnya. Jurnalistik menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa diabaikan di era teknologi informasi bahkan sejak dulu, seperti yang dikatakan oleh Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. dalam sambutannya di acara tersebut.

“Jurnalistik seperti nafas bagi kita, karena eranya sekarang disruptif semua serba cepat. Siapa yang ketinggalan berita, tidak akan memahami keadaan sekitar. Seperti halnya program UMY Mengabdi, dengan kondisi pandemi sekarang beberapa mahasiswa tidak bisa mudik dan di sini kami hadir memberikan pelayanan, yang kemudian disampaikan melalui kemasan-kemasan menarik jurnalistik untuk memberi tahu bahwa kami ada untuk mereka,” ujarnya.

Ada banyak karya jurnalistik yang bisa disampaikan, yang bertujuan untuk membuat orang memahami sesuatu melalui karya kita baik tulisan, info grafis maupun konten video. Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia UMY Dr. Nano Prawoto, SE., M.Si menambahkan betapa pentingnya publikasi melalui bentuk jurnalistik.

Terlebih lagi bagi sebuah institusi atau lembaga yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat, maka perlu adanya publikasi dengan cara karya jurnalistik. Aktivitas, tugas, maupun pengabdian bisa dituangkan dalam bentuk berita, sehingga masyarakat tahu apa sebenarnya yang dilakukan oleh sebuah lembaga tersebut.

“Publikasi itu penting bagi sebuah institusi atau lembaga, karena itu bisa membuat masyarakat memahami dan melihat keberadaan kita. Mungkin bagi beberapa orang di luar lingkungan pendidikan tidak mengerti apa itu LLDIKTI Wilayah V, jadi publikasi melalui berita tertulis, info grafis, atau video bisa menjadi cara untuk mengenalkan diri kepada masyarakat. Semua hal yang berkaitan dengan tugas pokok maupun non tugas pokok, bisa dipublikasikan,” imbuh Nano. (Hbb)