Program Studi Pendidikan Agama Islam (S1)

S.Pd. – Sarjana (S1)

Akreditasi A (BAN-PT)

Info Program Studi
Situs web Program Studi Pendidikan Agama Islam (S1)
Info Penerimaan Mahasiswa Baru
Bergabung dengan UMY dan kembangkan potensimu

Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi PAI-FAI UMY),  yang pada awal pendiriannya bernama Fakultas Tarbiyah, dibuka mulai tahun akademik 1987/1988 berdasarkan Surat Keputusan Badan Pembina UMY Nomor 004/BP/UMY/A.2-II/VII/’87 tertanggal 5 Zulqa’dah 1407 H/1 Juli 1987 M dan mendapatkan ijin operasional pada tahun 1989 berdasarkan  surat Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama R.I No. 285/E/PP.00.9/L/89. 

Pada perkembangannya, Menteri Agama melalui Surat Keputusannya Nomor 72 Tahun 1995 tertanggal 8 Februari 1995 menetapkan perubahan dan penggabungan Fakultas Dakwah dan Fakultas Tarbiyah menjadi Fakultas Agama Islam (FAI).  Sebagai dampak dari ketetapan tersebut dilakukan penyesuaian kelembagaan sehingga keberadaan Prodi PAI semakin jelas. Izin perpanjangan program studi terakhir diperoleh Prodi PAI pada tahun 2010 melalui SK Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Depag RI No. Dj.II/467/2010 tertanggal 6 Oktober 2010 dan telah memperoleh perpanjangan ijin operasional kembali melalui SK Dirjen PAIS No. 31 Tahun 2013.

Pada saat ini Prodi PAI telah terakreditasi dengan peringkat A dengan nilai 366, sesuai Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 581/SK/BANPT/Akred/S/VI/2015. 

Prodi PAI UMY memiliki fasilitas Micro Teaching yang digunakan sebagai latihan mengajar bagi mahasiswa/i dengan dibimbing langsung oleh dosen yang profesional dalam hal pengajaran. Bentuk microteaching yang dikembangkan oleh Prodi PAI FAI UMY ini adalah bentuk peer group, dimana microteaching dilaksanakan bersama dengan teman sendiri sesama guru praktikan. Dalam praktiknya, kelas micro dibagi menjadi kelas pembelajaran yang didalamnya terdapat guru praktikan, kelompok siswa dan petugas lab di ruang control cctv dan kelas observasi yang didalamnya terdapat mahasiswa dan dosen pembimbing yang bertugas sebagai pengamat.. Lab Micro Teaching di desain seperti ruangan kelas dilengkapi dengan media pendukung praktik mengajar. Selain itu, seluruh mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar, akan direkam dan di post di youtube Lab Micro Teaching atau bahkan siaran langsung di youtube lab micro teaching.

Ingin mempelajari Program Studi lainnya?
Untuk menunjang masa depan Anda sebagai pribadi yang Unggul dan Islami, Muda Mendunia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menawarkan banyak pilihan program studi. Kami memiliki 3 program Vokasi, 23 program Sarjana, 7 program Magister, 3 program Doktor dan 5 program pendidikan Profesi.
Cari berdasarkan Fakultas atau Program Studi untuk menemukan program pendidikan yang terbaik untuk anda.