Program Studi Ilmu Keperawatan (S1)

S.Kep. – Sarjana (S1)
Ns. – Profesi Ners

Akreditasi A (LAM-PTKes)

Info Program Studi
Situs web Program Studi Ilmu Keperawatan (S1)
Info Penerimaan Mahasiswa Baru
Bergabung dengan UMY dan kembangkan potensimu

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai lembaga pendidikan swasta dan bagian dari sistem pendidikan nasional mempunyai tujuan yang bertumpu pada tujuan pendidikan nasional yaitu mewujudkan sarjana muslim yang berakhlak mulia, cakap, percaya diri, berguna bagi masyarakat dan negara, telah memutuskan mendirikan Program Studi Ners. Diharapkan dengan dibukanya Program Studi Ners dapat menghasilkan  Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan Profesi Ners yang Islami sebagai bagian dari dukungan pada pembangunan nasional, khususnya dalam penyediaan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan yang berkualitas untuk membangun Indonesia.

Pada tahun 2000 dengan dikeluarkannya SK Rektor No. 062/SK-UMY/IV/2000 tentang pengangkatan Pejabat Struktural PSN FKIK UMY tertanggal 11 April 2000 yang memutuskan ditubuhkannya Program Studi Ners pada FKIK UMY maka kegiatan secara resmi dipindahkan ke kampus Sonopakis. Mulai tahun ajaran 2002/2003 proses belajar mengajar dipindahkan ke kampus terpadu Jl. Lingkar Selatan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 2004 Program Studi Ners berhasil mendapatkan Program Hibah Kompetisi A1 dari Dikti dan pada tahun 2005 Program Studi Ners telah terakreditasi oleh BAN Dikti. Pada tahun 2009, PSN FKIK UMY berhasil mendapatkan akreditasi B. Pada tahun 2015, PSIK kembali mengajukan akreditasi untuk program sarjana dan profesi, dan berhasil mendapatkan Akreditasi A (SK BAN PT No : 851/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PN/VIII2015)

Adanya tuntutan peningkatan kualitas baik internal maupun eksternal, tahun 2013, PSIK FKIK UMY berubah nama menjadi Program Studi Ners (PSN) FKIK UMY dengan visi, misi dan tujuan baru yang sesuai dengan perkembangan keilmuan. PSN FKIK UMY merupakan kesatuan dari program akademik sarjana keperawatan dan program profesi Ners. Tahun 2012, PSN FKIK UMY mulai menerapkan sistem full blok untuk pendekatan perkuliahan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).  Pendekatan full blok diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi mahasiswa PSN FKIK UMY. Dan berdasarkan Lembaga Akreditasi Mandiri untuk Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), dihasilkan bahwa PSN FKIK UMY telah terakreditasi A di tahun 2019.

Ingin mempelajari Program Studi lainnya?
Untuk menunjang masa depan Anda sebagai pribadi yang Unggul dan Islami, Muda Mendunia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menawarkan banyak pilihan program studi. Kami memiliki 3 program Vokasi, 23 program Sarjana, 7 program Magister, 3 program Doktor dan 5 program pendidikan Profesi.
Cari berdasarkan Fakultas atau Program Studi untuk menemukan program pendidikan yang terbaik untuk anda.