Program Studi Doktor Politik Islam (S3)

Dr. – Doktor (S3)

Akreditasi A (BAN-PT)

Nasional

  • Departemen Luar Negeri Republik Indonesia
  • Departemen Tenaga Kerja RI
  • Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Ahmad Syafii Maarif School of Though and Humanity
  • Program Doktor Pendidikan Agama Islam UIN Mataram
  • Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemenkeu RI
  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat )LP2M) IAIN Fattahul Muluk Papua

Internasional

  • Khon Kaen University
  • Asia University
  • Vrije Universiteit Amsterdam.
  • Department of Anthropology and the Pardee School of Global Affairs at Boston University
  • Department of Islamic Studies, Fakulti Pengajian Islam, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
  • University of Singapore 
Info Program Studi
Situs web Program Studi Doktor Politik Islam (S3)
Info Penerimaan Mahasiswa Baru
Bergabung dengan UMY dan kembangkan potensimu

Program Studi S3 Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan satu-satunya program studi tingkat doktoral di Indonesia dan telah memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT. Distingsi program studi ini selain terletak pada capaian-capaian yang telah diraih, juga ada pada kajian yang dikembangkan. Fokus kajian sebagaimana visi program studi adalah studi Islam Kawasan dengan tema sentral “Islam, Politics and Media”. Fokus kajian ini dikaji menggunakan pendekatan multi-disiplin yang memungkinkan peminat dapat berasal dari berbagai latar belakang keilmuan atau disiplin ilmumisalnya agama, politik, sosiologi, media, dan sebagainya.

Sebagai program studi unggulan, S3 Politik Islam juga sangat konsens pada pengembangan studi politik Islam melalui forum- forum ilmiah. Setiap tahun, diagendakan minimal 4 (empat) kali diskusi terbuka berupa seminar dan kuliah umum yang diselenggarakan oleh program studi ini. Forum ilmiah sangat bermanfaat bagi up dating keilmuan khususnya bagi mahasiswa dalam rangka menemukan tema dan desain penelitian disertasinya yang selalu aktual dan sejalan dengan perkembangan keilmuan yang sedang trend.

Program Internasionalisasi

Program internasionalisasi Doktor Politik Islam berjalan secara pesat. Kerjasama dilakukan dengan beberapa perguruan tinggi mitra di luar negeri, seperti : Universiti Sains Malaysia (USM), Universiti Utara Malaysia (UUM), SIAS (China), Flinders University (Australia), Chullalongkorn University (Thailand) dan International Islamic University of Malaysia. Pelbagai kegiatan seperti lecturer exchange dan joint international conference telah dilakukan dengan lembaga mitra tersebut yang melibatkan mahasiswa dan dosen dari kedua pihak. Di samping itu, Prodi juga menerima visiting fellows dari University of Maryland (US) dan Bangladesh selama 1 (satu) tahun untuk melakukan penelitian dan mengajar. Di lain pihak, terdapat 1 (satu) dosen yang menjadi visiting fellows di National University of Singapore (NUS) dan 1 (satu) dosen di Korea University, serta 1 (satu) dosen menjadi visiting professor di Universiti Utara Malaysia.

Pusat Studi Keilmuan

Program Doktor Politik Islam UMY memiliki dua pusat studi keilmuan yang menjadi wadah bagi mahasiswanya untuk melakukan kajian di bidang ilmu politik maupun politik Islam.

Jusuf Kalla School of Government (JKSG)

Sekolah Tinggi Pemerintahan Jusuf Kalla (JKSG) UMY menjadi forum bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan penelitian, seminar, dan pelatihan kepemimpinan. Selain itu, di dalam lembaga JKSG ini mahasiswa juga dapat melakukan kajian mengenai berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan pemerintahan, dan melakukan penelitian tentang kepemimpinan dan isu-isu kepemerintahan terkini.

Ahmad Syafii Maarif School of Political Thought And Humanity

Lembaga ini didirikan untuk memonumentalisasi pemikiran-pemikiran Buya Syafii Maarif, agar reputasi beliau senantiasa menginspirasi generasi mendatang secara berkesinambungan. Lembaga ini juga diharapkan sebagai salah satu unit pendukung untuk kemajuan Direktorat Pascasarjana, khususnya Program Ilmu Politik, di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ingin mempelajari Program Studi lainnya?
Untuk menunjang masa depan Anda sebagai pribadi yang Unggul dan Islami, Muda Mendunia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menawarkan banyak pilihan program studi. Kami memiliki 3 program Vokasi, 23 program Sarjana, 7 program Magister, 3 program Doktor dan 5 program pendidikan Profesi.
Cari berdasarkan Fakultas atau Program Studi untuk menemukan program pendidikan yang terbaik untuk anda.