Perpustakaan UMY bina Perpustakaan Sekolah

Juni 28, 2013 oleh : BHP UMY

Sebagai langkah untuk menjalin kerjasama dan meningkatkan mutu perpustakaan sekolah, Perpustakaan UMY mengadakan Pelatihan Pengelola Perpustakaan Sekolah. Tingkat minat baca siswa yang rendah sekarang ini menjadi keprihatinan dunia pendidikan, karena bagaimanapun juga ilmu akan diperoleh lebih mendalam ketika siswa membaca.
Demikian disampaikan Lasa HS, MSi. Kepala Perpustakaan UMY di ruang kerjanya saat persiapan pelaksanaan pelatihan pengelola perpustakaan sekolah, (27/6). “ Pelatihan ini akan berlangsung tanggal 2 Juli 2013, dan diharapkan dapat membawa perbaikan bagi perpustakaan sekolah Muhammadiyah. Kami sangat berharap pelatihan ini akan senantiasa berkembang dan berkelanjutan untuk perbaikan mutu generasi muda”, lanjutnya.
Lasa juga menyampaikan materi yang akan disampaikan, “Materi yang akan diberikan dalam pelatihan ini adalah manajemen, klasifikasi dan katalogisasi, pelayanan perpustakaan, promosi dan minat baca serta pengenalan teknologi informasi. Pelatihan ini akan menghadirkan narasumber dari perpustakaan UMY sebagai wujud pengabdian masyarakatnya”.
“Masih ada kesempatan apabila ada perpustakaan sekolah yang ingin mengikuti pelatihan ini, karena harapannya banyak perpustakaan sekolah yang dapat berbenah agar lebih menarik untuk dikunjungi dan dapat memberikan pelayanan informasi dengan maksimal,”imbuh Lasa.
Disamping itu, sering siswa tidak diberi pancingan untuk masuk ke perpustakaan, sehingga banyak yang beranggapan bahwa perpustakaan hanyalah tempat tersimpannya buku, bukan tempat untuk memperoleh informasi sebanyak banyaknya. “ini karena pengelolaan perpustakaannya belum tepat, sehingga  harus dibuat sistem dan  program yang menarik agar perpustakaan dapat menjadi tempat yang sangat nyaman untuk belajar siswanya”, pungkasnya.