Kenali Diri Untuk Jadi Pemimpin Masa Depan

Februari 20, 2020 oleh : BHP UMY

Yayasan Upaya Indonesia Damai (United in Diversity), MIT, dan U.LabX bekerjasama dengan American Corner seluruh Asia Tenggara mengadakan live streaming seminar, dengan tema ‘Leading From the Emerging Future’. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kemampuan dan atribut kepemimpinan seseorang untuk diterapkan di masyarakat, budaya, dan lingkungan sekitar, dengan mengubah paradigma masyarakat melalui pendekatan yang inovatif. American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi salah satu bagian yang terlibat, dan membuka kelas seminar pertama ini di depan kantor Amcor Lantai 2 Gedung D Kampus Terpadu UMY, Rabu (19/2).

Rencananya kegiatan ini akan dilakukan sebanyak enam kali pertemuan, hingga nanti kelas terakhir dilaksanakan pada 1 April 2020. Pelatihan ini diikuti oleh peserta dari seluruh kalangan, dan pusat presentasi seminar dilaksanakan di kantor @America, Mall Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No. kav. 52-53 RT 5/RW 3, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pada kesempatan kali ini, pembicara datang dari Yayasan Upaya Indonesia Damai yang memberikan materi motivasi, dan disaksikan langsung oleh Amcor dari Malaysia, Filipina, Vietnam, Timor Leste, Myanmar, Laos, dan Indonesia, melalui fasilitas kamera streaming yang tersambung ke layar proyektor.

Interaksi jarak jauh yang memanfaatkan kemajuan digital ini, diharapkan mampu memberikan fasilitas memadai bagi peserta yang memang memiliki kemauan untuk meningkatkan skill kepemimpinan mereka. “Presenter menjelaskan mulai dari awal, bahwa ketika kita ingin melihat lingkungan sekitar dan ingin mengubahnya, kita harus melihat diri sendiri lebih dulu. Benahi apa saja yang sekiranya kurang dari dalam diri kita, sebelum melangkah lebih jauh,” ujar Iren Luqman Hakim salah satu panitia dari Amcor UMY.

Seminar ini dibuka untuk umum, sementara peserta yang hadir di Amcor UMY sekitar 25 orang. Dari 2 jam acara ini dilaksanakan, ada satu kali sesi yang mengharuskan peserta untuk berinteraksi dengan teman sebelahnya yang berbeda latar belakang, untuk menceritakan pandangan mereka tentang pengembangan diri dan kepemimpinan menggunakan Bahasa Inggris. “Open mind, open heart, itu kuncinya untuk menjadi seseorang yang berpengaruh bagi lingkungan,” tukas Mariska Intan Sari S.S., M.A. Direktur Amcor UMY. (hbb)