Kader Hizbul Wathan UMY Menangi Kompetisi Kepanduan di Jakarta

Agustus 5, 2019 oleh : BHP UMY

Sebagai lembaga pendidikan yang berada di bawah bendera Persyarikatan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi wadah pendidikan bagi kader Muhammadiyah, salah satunya melelalui Organisasi Otonom (Ortom). Baru-baru ini, empat orang mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa Hizbul Wathan (UKM HW UMY) berhasil membawa beberapa gelar juara setelah ikut kompetisi “Scouting Skill Competition” di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) (29-31/7).

Bima Pakusadewa salah satu peserta mengatakan bahwa pada kompetisi ini UKM HW UMY berhasil memenangkan 3 kategori perlombaan. Juara 1 putra Lomba Penulisan Jurnal Botani Zoologi dengan judul “Pengaruh Bawang Merah Untuk Kesehatan” atas nama Bima Pakusadewa, juara 2 atas nama Annida K.H, juara 3 atas nama Melati Sagita dan Juara Harapan 3 atas nama Dzakariya Salaparang untuk kategori ”High Rope Acces Sistem”.

“Alhamdulillah kami berhasil mengharumkan nama kampus (UMY) pada kompetisi kepanduan HW yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Pulau Jawa,” ujarnya melalui pesan singkat saat dihubungi oleh Biro Humas dan Protokol (BHP UMY) Senin, (5/8).

Ia juga menambahkan bahwa persiapan yang dilakukan terbilang cukup singkat, hanya selama dua pekan. Tetapi hal itu tidak menghalangi kecakapan mereka dalam berkompetisi, hal ini karena tiap anak sudah memiliki kemampuan yang cukup mumpuni. “Persiapan kami memang hanya sebentar, tapi itu tidak jadi penghalang kami untuk menunjukkan yang maksimal. Karena secara pribadi kami sudah siap kapan pun diperlukan,” imbunya.

Sementara itu Ketua UKM HW UMY, An Ufi Lukman Hakim menegaskan bahwa organisasinya akan terus melakukan evaluasi dan latihan supaya ia beserta rekan-rekannya menjadi lebih baik lagi. Saling tukar informasi antar PTM juga menjadi hal yang akan selalu ia lakukan.

“Selanjutnya perihal mempertahankan pretasi HW UMY di tingkat nasional, dengan memperbanyak ikut perlombaan yang sifatnya kepanduan atau lain yang masih berkaitan. Serta memperbanyak relasi dengan PTM se-Indonesia terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri,” katanya.

Ufi juga berharap, dengan prestasi yang dilakukan oleh organisasinya dapat memperkenalkan UKM HW UMY pada tingkat nasional. Hal ini dilakukan karena tanggung jawabnya sebagai kader Muhammadiyah.(ak)