Amcor UMY Jadikan Generasi Milenial Sebagai Aktivis Lingkungan Lewat Lomba Video

April 26, 2019 oleh : BHP UMY

Pada tahun 2015, Peneliti dari Universitas Georgia, Dr. Jenna Jambeck mengatakan bahwa Indonesia menempati urutan kedua sebagai penyumbang sampah plastik terbesar di dunia sebanyak 187,2 juta ton. Mengetahui fakta yang mencengangkan seperti itu telah mengundang banyak perhatian dari berbagai kalangan untuk aktif berkampanye mengurangi penggunaan plastik dan barang lain yang susah untuk terurai. Salah satunya adalah American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Amcor UMY) yang mengadakan lomba video untuk memperingati Hari Bumi Internasinoal yang mengusung tema “Zero Waste: Raising Millennals’ Environmental Awarness” yang dilaksanakan pada beberapa waktu yang lalu di Gedung Mas Mansyur Kampus Terpadu UMY.

Direktur Amcor UMY, Puthut Ardianto, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa penting sekali meningkatkan kesadaran untuk memelihara lingkungan mulai dari hal kecil di sekitar. Untuk itu, ia menantang anak-anak muda yang memiliki semangat untuk berkontribusi dalam permasalahan lingkungan melalui karya yang telah dibuat. “Kita ingin mengajak kepada para (anak-anak) milenial untuk sadar terhadap isu-su lingkungan yang ada di sekitar mereka melalui video yang telah dibuat,” ujarnya.

Lomba video ini dikuti oleh puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan telah menemukan sepuluh finalis yang akan mempresentasikan karya meraka di hadapan para juri. Kesepuluh finalis itu berasal dari Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Universitas Islam Sumatera Utara, dan 4 peserta dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Terdapat hal menarik pada sesi presentasi karya, terdapat tiga peserta yang presentasi secara daring dari tempat mereka berasal dari Universitas Brawijaya, IAIN Surakarta, dan Universitas Islam Sumatera Utara karena berhalangan hadir.

“Kita panggil 10 finalis dari berbagai macam kota, hanya ada tujuh orang yang bisa hadir. Sisanyanya akan mempresantasikan karya mereka dari jarak jauh karena tepisah oleh jarak yang cukup jauh,” imbuh Puthut.

Setelah semua peserta mempresentasikan videonya, keluar tiga orang pemenang atas nama Farkhana Rizkya dari Universitas Brawijaya mendapatkan predikat juara 1, Rheza Rahmad Kurnia dari UMY keluar sebagai juara 2, dan Fatimah Az-Zahra menyandang gelar sebagai juara 3. Sementara itu, video karya Rido Muhammad Affandi dari Universitas Sumatera Utara mendapatkan juara favorit.

Puthut berharap para milenial ini tetap berperan aktif untuk menjadi orang terdepan yang berjuang untuk kebaikan lingkungan dimana pun berada.(ak)