2 Dosen UMY Lakukan Gerakan Mitigasi Covid-19 Kepada Masyarakat

Agustus 13, 2020 oleh : BHP UMY

Pada masa pandemi Covid-19, masyarakat dituntut untuk tetap beraktivitas dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah tersebarnya virus. Sayangnya tidak semua masyarakat Indonesia mau dan bersungguh-sungguh dalam menerapkan protokol ini. Oleh karena itu, dua orang dosen UMY tergerak untuk menyelenggarakan gerakan mitigasi Covid-19 di masyarakat, khususnya di dusun Banyuraden Gamping Sleman. Gerakan ini diketuai oleh Ir. Mandiyo Priyo, MT dari prodi Program Profesi Insinyur (PPI), dengan anggota Restu Faizah, ST., MT, dari prodi Teknik Sipil FT UMY.

Menurut Mandiyo, kegiatan ini merupakan spontanitas, sebagai bentuk partisipasi dosen di masyarakat karena keprihatinan menghadapi musibah Covid-19. “Gerakan mitigasi yang kami lakukan meliputi beberapa kegiatan, yaitu pembagian masker dan hand sanitizer gratis serta pengarahan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan di masa pandemi, dengan menghadirkan narasumber Ridhaningsih, S.KM, anggota Tim Gugus Covid-19 Puskesmas Gamping 2 Sleman,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, peserta diingatkan untuk tetap konsisten dengan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, di manapun berada. Membiasakan cuci tangan setiap habis dari luar atau memegang barang yang dipegang orang lain dan ketika mau makan. Dianjurkan pula untuk selalu membawa hand sanitizer ke mana saja, dan tetap mengenakan masker ketika di luar rumah. Ridhaningsih juga mempraktikkan cara menggunakan masker dan cara cuci tangan yang benar. Selain itu, masyarakat diingatkan bahwa virus Covid-19 dapat dicegah dengan meningkatkan imunitas tubuh, yaitu dengan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). “Ada 7 langkah GERMAS, yaitu melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban,” jelas Ridha. Kegiatan diakhiri dengan pembagian doorprice berupa beberapa paket sabun cuci tangan dan hand sanitizer spray.

Kegiatan yang dilakukan pada Minggu (2/8) ini dihadiri 30 orang dengan mengikuti persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal social distancing dan penerapan protokol kesehatan. Mitra dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK RT 05 RW 08 Banyuraden Gamping Sleman yang diketuai oleh Tri Umarah. Sementara itu, ketua RT 05 RW 08 Banyuraden, Budi Kahono menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh dosen UMY ini. “Kami sampaikan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah mensupport kegiatan yang sangat bermanfaat ini,” ujarnya.-