Volunteer American Corner UMY Terima Penghargaan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat

September 22, 2016 oleh : BHP UMY

img_8716

Keberhasilan para volunteer (relawan) American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Amcor-UMY) dalam menjalankan program-programnya, mendapatkan apresiasi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. Apresiasi tersebut ditandai dengan diberikannya penghargaan kepada para volunteer Amcor UMY, yang diberikan langsung oleh Judy Moon selaku Publik Affairs Officer dari Kedutaan Besar USA di Jakarta.

Menurut Puthut Ardianto selaku Direktur Amcor UMY mengatakan bahwa para volunteer Amcor UMY batch 2 tersebut telah berhasil menyelesaikan tugasnya selama satu tahun. Dalam masa tugasnya tersebut, mereka bekerjasama menghidupkan American Corner UMY. “Para volunteer yang merupakan mahasiswa UMY ini berasal dari berbagai jurusan. Mereka sangat aktif dalam menjalankan tugas-tugas dan program-program Amcor UMY. Selain itu, jiwa relawan yang mereka miliki juga sangat tinggi,” ujarnya, melalui rilis yang diterima Biro Humas UMY pada Kamis (22/9).

Di tangan para volunteer inilah, lanjut Puthut, American Corner UMY bisa menyelenggarakan program-program reguler mingguan, bulanan maupun tahunan yang bermanfaat untuk sekitar. Beberapa contoh program-program yang berhasil terselenggara di tangan mereka antara lain MONDAY (Music ON today), Fun Conversation, Litterary Appreciation, Movie Talk, Coffee Dialog, Tea Talk, dan Game Challenge. “Penghargaan ini baru terselenggara di Amcor UMY. Kerja keras para volunteer selama inilah yang menjadikan Keduataan Besar USA di Jakarta merasa layak untuk memberikan penghargaan kepada mereka,” jelasnya.

Puthut juga mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada para volunteer Amcor UMY di sela-sela kunjungan peserta Konferensi American Spaces Indonesia ke Amcor UMY, pada Rabu (21/9). “American Spaces Indonesia pada tanggal 20 hingga 21 September kemarin mengadakan konferensi tahunan 2016 dan bertempat di Hotel Phoenix Yogyakarta. Dalam konferensi ini seluruh perwakilan American Spaces yang terdiri dari 10 American Corner yakni Amcor UMY, Amcor Universitas Tanjungpura (Pontianak), Amcor UM Malang, Amcor UIN Wali Songo Semarang, Amcor Universitas Andalas Padang, Amcor Universitas Pattimura (Ambon), Amcor Universitas Hasanuddin (Makasar), Amcor UIN Syarif Hidayatullah (Jakarta), Amcor ITB (Bandung), dan Amcor Universitas Airlangga (Surabaya) hadir dalam acara tersebut. Selain American Corner, hadir pula perwakilan dari My America Jakarta, My America Surabaya dan @amerika. Selain Indonesia, ada pula satu perwakilan dari American Spaces Timor Leste, yang bernama UMA Amerika,” paparnya.

Dalam rangkaian acara konferensi itulah, imbuh Phutut lagi, para peserta mengunjungi Amcor UMY, dengan salah satu agendanya yakni Volunteer Award atau Penghargaan Kepada Volunteer (relawan Amcor UMY). “Dan dalam kesempatan tersebut hadir pula tamu spesial dari Amerika yakni Thomas Smitham dan Gretchen Weintraub serta dua officer dari Kedutaan Besar Amerika di Jakarta yaitu Sarah Ziebell dan Judy Moon,” tutupnya.