UMY Wisuda Dua Mahasiswa Di Mekkah

Februari 4, 2019 oleh : BHP UMY

 

Pada tanggal 2 Februari 2019 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan wisuda periode II Tahun Akademik 2018/2019. Sebanyak 1085 wisudawan yang terdiri dari Program Vokasi, Program S1, Program Pascasarjana, dan Program Doktor tersemyum lebar mendapatkan ijazah yang sudah mereka perjuangkan dengan menjalani masa perkuliahan selama kurang lebih empat tahun.

Dua dari jumlah wisudawan tersebut ternyata tak bisa mengikuti prosesi penyerahan ijazah di Gedung Sportorium Kampus Terpadu UMY, melainkan melakukan seremoni di tempat terpisah yakni di depan Ka’bah kota Mekkah, Arab Saudi.

Kedua mahasiswa itu adalah Fatkhul Adli dan Bambang Arintoko yang sudah dinyatakan lulus sejak Yudisium pada 22 Desember 2018. Adli merupakan lulusan dari program S1 Ilmu Hubungan Internasional angkatan 2015 yang memang kebetulan sedang menjalankan umroh bersama keluarga. Sementara Bambang merupakan lulusan S2 Magister Studi Islam, yang juga salah satu karyawan UMY yang mendapatkan umroh gratis dari UMY.

Memang setiap tahun, UMY rutin memberikan umroh gratis yang diberikan kepada 40 tenaga kependidikan serta dosen aktif UMY. Hal itu ditujukan sebagai bentuk apresiasi atas loyalitas yang sudah diberikan dan untuk menanamkan pribadi Islami kepada civitas akademika UMY. Adli dan Bambang secara simbolik mengenakan toga di depan Ka’bah, Mekkah.

Sejatinya prosesi wisuda yang dilakukan di luar lingkungan kampus, diperbolehkan oleh pihak UMY. Terlebih momen di Mekkah tersebut cukup tepat, karena Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional yakni Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. juga menemani rombongan umroh gratis tersebut. Prof. Nurmandi menjadi pimpinan dalam prosesi wisuda Adli dan Bambang dengan memindahkan tali toga seperti prosesi wisuda pada umumnya, namun bedanya adalah tidak ada pemberian ijazah.

“Kalau hanya prosesi wisuda tidak masalah dimana saja, yang terpenting sudah dinyatakan lulus pada saat Yudisium. Ketika semua persyaratan sudah dipenuhi maka dinyatakan lulus. Karena dua mahasiswa itu sedang umroh dan kebetulan wakil rektor juga sedang bersama rombongan umroh maka momen itu dimanfaatkan sebaik mungkin dengan melakukan prosesi wisuda di sela-sela pelaksanaan ibadah umroh,” kata wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Sukamta, S.T., M.T. ditemui di kantornya, Senin (4/2/2019). (Habibi)