UMY Tandatangani MoU dan MoA dengan Universitas Teknikal Malaysia Melaka

April 10, 2018 oleh : BHP UMY

Sebagai kampus yang memiliki kredo Muda Mendunia, UMY terus menjalin kerjasama dengan universitas-universitas di luar negeri. Pada Selasa (10/4), UMY kembali menjalin kerjasama dengan salah satu univeritas di Malaysia. Perjanjian kerjasama berupa penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) kali ini, dilakukan UMY dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM).

UTeM merupakan salah satu universitas teknik terbaik di Malaysia. Dr. Ir. Sukamta, MT.,IPM, Wakil Rektor UMY bidang Akademik mengatakan dengan dilakukannya penandatanganan MoU dan MoA tersebut, peluang kerjasama untuk jurusan teknik dan ekonomi antar kedua universitas bisa lebih terbuka.

“Dengan penandatanganan MoU dan MoA ini banyak kesempatan untuk jurusan teknik dan ekonomi khususnya engineering untuk bekerja sama. Akan tetapi, kerjasama yang dijalin tidak hanya sebatas dalam bidang teknik dan ekonomi. Karena universitas ini (UTeM) tidak hanya fokus dalam bidang pengembangan teknologi, namun juga dalam bidang kemanusiaan,” jelas Sukamta.

Penandatanganan MoU dan MoA ini dilakukan langsung oleh rektor UMY Dr. Gunawan Budiyanto dan perwakilan dari UTeM Professor of Manufacturing Engineering, Prof. Dr. Abu Abdullah. Dalam penandatanganan ini juga dilakukan diskusi untuk membahas hubungan kerjasama dalam hal students exchange, staff exchange dan research collaboration bersama yang akan dilakukan selama 5 tahun kedepan hingga tahun 2023.

Kerjasama yang disepakati dalam hal staff serta students exchange maupun research collaboration rencananya tidak hanya di lalukan melalui jalur offline dengan tatap muka, namun juga dapat dilakukan secara Online Distance Learning (ODL). Hal ini menurut Sukamta juga sesuai dengan rencana UMY pada tahun 2020. Dimana pada tahun tersebut UMY akan mulai aktif untuk program kuliah dalam jaringan (daring) secara blend learning.

Dalam acara ini, beberapa fakultas di UMY seperti Teknik, Pertanian, Sosial Politik, Agama Islam, Ekonomi, Hukum dan Vokasi juga berencana menjalin kerjasama dengan UTeM. Hal tersebut mereka sampaikan dalam sesi diskusi bersama perwakilan UTeM.

“Kami berharap, setelah penandantanganan MoU dan MoA ini, UMY dan UTeM bisa memperluas jangkauan kerjasama yang akan kita jalin kedepannya,” tutup Sukamta. (pras)