UMY PTS Terbaik Se-Indonesia Versi 4ICU Juli 2013

SAM_2673

Wahyudi, ST., M.T kepala Biro Sistem Informasi UMY dan Ir. Nafi Ananda Utama, M.S, Sekretaris Universitas UMY.

Kepercayaan masyarakat terhadap Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013 bulan Juli yang juga bertepatan dengan bulan Ramadhan 1434 H kali ini, UMY kembali mendapatkan anugerah. Jika awal tahun kemarin UMY meraih peringkat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik se-Jateng dan DIY versi Webometrics, kali ini UMY menjadi PTS terbaik se-Indonesia versi 4ICU.

Ir. Nafi Ananda Utama, M.S, Sekretaris Universitas UMY saat ditemui di ruangannya, Kamis (18/7) memaparkan, bahwa apa yang sudah dicapai oleh UMY adalah berkat kerjasama dan kerja keras seluruh civitas akademika. Selain itu, yang sudah dicapai juga tetap dipertahankan, bahkan jika perlu lebih ditingkatkan, termasuk dalam hal penilaian dari 4ICU. “4ICU ini adalah penilaian secara independen. Kami tidak mengirimkan berkas-berkas untuk dinilai oleh mereka, tapi merekalah yang langsung menilai kami. Dan salah satu penilaiannya itu adalah berapa banyak sih orang-orang di luar UMY yang me-linkkan websitenya ke website kami,” paparnya.

Namun menurut Nafi, penilaian dari segi website itu bukan berarti websitenya bagus atau tampilannya yang menarik. Akan tetapi, lebih pada institusi atau perguruan tinggi itu sendiri. Bagaimana sebuah universitas diminati dan dipercaya oleh masyarakat, itu dapat tercermin dari isi serta informasi yang diberikan pada masyarakat melalui websitenya. “Tahun kemarin jumlah link yang ada website UMY berjumlah 30ribu, dan tahun ini naik menjadi 54ribu. Itu artinya banyak orang yang ingin mengetahui tentang UMY dan kepercayaan masyarakat terhadap UMY terus meningkat, baik itu di tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.

Sementara itu, Wahyudi, ST., M.T kepala Biro Sistem Informasi UMY menjelaskan bahwa ada tiga komponen yang dinilai oleh 4ICU, yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Reffering Domains. Dan dari ketiganya menurut Wahyudi, mengalami kenaikan yang cukup signifikan. “Untuk Alexa cukup naik, jumlah Reffering Domains juga naik,” jelasnya.

Wahyudi juga mengatakan bahwa website UMY banyak memberikan informasi-informasi akurat tentang UMY kepada masyarakat. Ini juga yang kemudian menjadikan kepercayaan masyarakat terhadap UMY terus meningkat. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dengan jadinya UMY sebagai PTS Terbaik se-Indonesia. “Ini merupakan cerminan kepercayaan masyarakat kepada kami, hingga kami bisa meraih penghargaan ini,” ujarnya.

Nafi juga menambahkan, tanggung jawab UMY sebagai perguruan tinggi dengan predikat ini juga akan menjadi lebih besar. Namun menurutnya, pihaknya akan terus memberikan pelayanan-pelayanan terbaik pada masyarakat. “Silahkan masyarakat menilai sendiri bagaimana kami. Tapi yang paling penting bagi kami adalah, berusaha memberikan yang terbaik pada masyarakat secara umum dan khususnya civitas akademika UMY sendiri,” pungkasnya.

© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site