UMY Peduli Peningkatan Layanan Prima Tenaga Kesehatan Masyarakat Sewon Bantul

Maret 21, 2019 oleh : BHP UMY

Tim dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) peduli terhadap peningkatan layanan tenaga kesehatan khususnya bagi para perawat dengan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Puskesmas Sewon I Kabupaten Bantul. Melalui kegiatan pengabdian tersebut para dosen UMY yang terdiri dari Iswanto, Adhianty Nurjanah dan dibantu Tim Elektro medik STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Abdul latif, Ipin Prasojo, Nia Maharani, dan Fitri Anindiyahadi memberikan bantuan alat berupa nurse call. Selain itu juga memberikan workshop excellent customer service pada Selasa (20/3) bagi perawat di Puskesmas Sewon I Bantul.

Menurut salah satu dosen UMY yang melakukan pengabdian Iswanto, dosen selain mengajar dan meneliti juga harus memberikan pengabdian pada masyrakat dan ini dilakukan dengan memberikan alat nurse call. Alat ini berfungsi sebagai pemanggil perawat saat pasien memerlukan bantuan sehingga perawat diharapkan segera datang dengan bantuan alat pemanggil tersebut.

Selain itu juga menurut Adhianty, peningkatan kapasitas perawat diperlukan agar dapat memberikan pelayanan prima. Hal ini diberikan melalui workshop excellent customer sevice bagi perawat di puskesmas Sewon, Bantul. ‚ÄúDengan demikian harapan kami, seluruh perawat di puskesmas Bantul I dapat memberikan pelayanan prima kepada pasien dan keluarganya,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama kepala puskesmas dr. Anastasia Endar Widyaningsih menyambut baik kerjasama antara Puskesmas Sewon I dan UMY. Ia juga mengucapkan terimakasih atas pengabdian yang diberikan UMY karena tidak hanya memberikan bantuan alat fisik saja. Tetapi juga memberikan dukungan bantuan soft skill kepada perawat, sehingga harapannya perawat dapat memberikan layanan prima kepada pasien dan keluarganya. “Kegiatan pengabdian dari UMY ini mampu meningkatkan layanan prima para perawat, khususnya ketika melayani masyarakat Sewon Bantul Yogyakarta,” imbuhnya.