UMY Masuk 5 PTS terbaik di ajang PIMNAS 2018

September 18, 2018 oleh : BHP UMY

Setelah memperoleh rasio lolos tertinggi se-Indonesia pada PIMNAS ke-31 2018 yaitu mencapai 24% dari keseluruhan Proposal yang didanai Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (KEMENRISTEKDIKTI), kontingen PIMNAS Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasi meraih peringkat ke-4 Perguruan Tinggi Swasta Nasional. Selain itu juga peringkat ke 16 Perguruan Tinggi Se-Indonesia.

Menurut rilis yang diterima oleh Biro Humas UMY pada 14 September lalu dalam PIMNAS yang telah di selanggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 28 Agustus hingga 2 September lalu, kontingen UMY berhasil mendapat 3 kategori penghargaan.

Dalam kategori Kelas Presentasi Bidang Karsa Cipta (PKM-KC) Tim Abdi Bagas Utomo berhasil meraih medali perunggu dengan mengusung judul “KOMPOR ALAI” Kompor Anti Lalai. Kompor tersebut merupakan inovasi kompor pintar untuk mencegah kebakaran akibat lupa mematikan kompor dan kebocoran gas.

Selain itu dalam kategori Poster Bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) Tim Suharli juga berhasil meraih medali perunggu dengan mengusung judul “MIMI SEHAT” Miring-miring Sehat yang merupakan kasur pintar sebagai upaya pencegahan luka tekan pada pasien Rumah Sakit.

Dan terkakhir dalam bidang Kewirausahaan (PKM-K) tim Sayida Ralia M W berhasil meraih Juara Favorit Kelas presentasi. Dengan mengusung judul “SETUAN” Sepatu All in One yang memanfaatkan limbah lurik khas Yogyakarta pada sepatu praktis sebagai souvenir khas kota Jogja yang bernilai budaya. (pras)