UMY Jadi Kampus Swasta Pertama Tuan Rumah Kongres IMEPI

Desember 5, 2016 oleh : BHP UMY

untitled

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi kampus swasta pertama, yang mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah Kongres Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangungan Indonesia (IMEPI). Kongres IMEPI ke-9 yang diselenggarakan sejak pada Senin (5/12) juga merupakan bagian dari acara HERO ke-5 Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi (HIMIE) Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UMY pada tanggal 5 hingga 8 Desember 2016.

Menurut Jazuli Arif selaku ketua panitia mengatakan bahwa IMEPI sendiri merupakan asosiasi seluruh mahasiswa Ilmu Ekonomi se-Indonesia, yang didirikan 16 tahun lalu. Salah seorang penggagas dari asosiasi ini juga merupakan mahasiswa UMY. “Pada kongres IMEPI yang pertama kali diadakan di UMY ini juga sangat diminati dan mampu menarik antusiasme banyak delegasi kampus se-Indonesia. Posisi UMY yang strategis di Yogyakarta dan didukung oleh kiprah UMY dalam laju perkembangan IMEPI saat ini, juga menjadi faktor pendorong antusias peserta kali ini,” ujarnya, melalui rilis yang diterima Biro Humas UMY pada Senin (5/12).

Menurut Arif ada sekitar 40 delegasi kampus se-Indonesia atau sekitar 150 orang delegasi yang tersebar dalam 8 wilayah IMEPI hadir dalam perhelatan kongres IMEPI ke-9 ini. “Antusiasme para delegasi juga sudah tampak pada acara Welcoming Dinner pada tanggal 4 Desember 2016 di gedung Pascasarjana yang disponsori oleh International Program for Islamic Economics and Finance (IPIEF) FEB UMY. Para delegasi yang berasal dari kampus Pattimura Ambon, Ternate, Medan, Aceh, Kalimantan, dan Sulawesi juga tampak sangat antusias hadir walaupun harus menempuh perjalanan yang melelahkan,” ungkapnya.

Arif juga menyebutkan bahwa sejak IMEPI berdiri, baru pertama kali ini dalam penyelenggaraan kongres tersebut juga akan diadakan seminar dengan skala internasional pada Rabu dan Kamis (7-8/12). Seminar tersebut rencanaya akan menghadirkan Mr. Atilla Ghaspar, Visiting Lecturer di IPIEF UMY dari Central European University Hungaria. “Di samping itu, seminar ini juga akan menghadirkan pembicara dari Otoritas Jasa Keuangan Jakarta, Bank Indonesia Yogya, dosen FEB UMY, dan alumni IMEPI. Sedangkan untuk call for papers, panitia HERO menerima 40 naskah dari seluruh mahasiswa ilmu ekonomi se-Indonesia dan hanya terpilih 15 karya untuk dipresentasikan pada babak semifinal nanti,” jelasnya.

Arif juga menambahkan bahwa eksistensi IMEPI tak lepas dari sumbangsih program studi Ilmu Ekonomi UMY. Kontribusi UMY dalam perkembangan IMEPI layak diberikan apresiasi. “Setidaknya ada 4 hal yang menjadi poin penting dedikasi UMY untuk IMEPI, (1) mahasiswa prodi Ilmu Ekonomi menjadi sekretaris jenderal (pemimpin harian tertinggi IMEPI) pertama masa periode 2001-2002, yaitu Kanda Kiki Muzakki; (2) salah satu dosen prodi Ilmu Ekonomi UMY, Bapak Dimas B. Wiranatakusuma, adalah sekjen IMEPI ke-4 periode 2007-2009; (3) deklarasi pembentukan asosiasi alumni IMEPI di UMY pada saat akhir acara Kongres IMEPI ke-9; dan (4) UMY adalah kampus swasta pertama sebagai tuan rumah kongres IMEPI yang diselenggarakan 2 tahun sekali dan merupakan acara paling akbar dalam IMEPI. Dengan demikian, keberadaan IMEPI yang sudah berumur 16 tahun dan mengalami suksesi kepemimpinan sebanyak 8 kali sejak 2001 ini, tak lepas dari peranan civitas akademika UMY,” paparnya.

Selain itu, menurut Arif, dukungan segenap pimpinan universitas juga sangat tinggi pada acara IMEPI ini. Hal ini tampak dengan kehadiran Dekan FEB UMY, Wadek 2 FEB UMY, Kaprodi IE, Direktur IPIEF, dan Sekjen IMEPI pada acara welcoming dinner. Dalam sambutannya, Dekan FEB UMY, Dr. Nano Prawoto, M.Si memiliki kesan yang positif terhadap keberadaan IMEPI di tengah prodi Ilmu Ekonomi. Karena menurutnya hal tersebut turut memberikan kontribusi dalam soliditas program studi ilmu ekonomi se-Indonesia. Sementara itu, Direktur IPIEF, Masyhudi Muqorrobin, M.Sc.,Ph.D.,Akt dalam sambutannya berharap agar kongres IMEPI ini menajdi ajang untuk memperkuat silaturahim antar mahasiswa dan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah terkait kondisi perekonomian nasional terkini. Senada dengan direktur IPIEF, sekjen IMEPI dalam sambutannya menegaskan peran IMEPI dalam pembangunan Indonesia dan eksistensi peran mahasiswa dalam mengawal proses pembangunan nasional.

Kongres IMEPI ke-9 ini akan berakhir pada 8 Desember 2016 dengan adanya deklarasi pembentukan Ikatan Alumni IMEPI oleh para alumni IMEPI.