UMY dan Tamkang University Perkuat Kerjasama Student Exchange Program

Desember 18, 2013 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan Tamkang University Taiwan sejak tahun 2004 telah mengadakan kerjasama pertukaran pelajar. Namun kerjasama tersebut belum berjalan secara rutin dan optimal. Sehingga perlu diadakan pertemuan kembali untuk memperkuat kerjasama. Berdasarkan kepentingan itulah maka  pada Selasa (17/12) Tamkang University dan UMY melakukan penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) untuk program student exchange.

 
Hal tersebut disampaikan Rektor Tamkang University, Dr. Flora Cha-I Chang sebelum melakukan penandatanganan MoU program student excange, di Ruang Sidang Rektor, Kampus Terpadu UMY. Dr. Flora menyampaikan bahwa MoU tersebut sebagai bentuk komitmen mereka dengan UMY dalam menjalani kerjasama pertukaran pelajar. “Pertukaran pelajar antara UMY dengan Tamkang University ini sebenarnya sudah pernah berjalan sejak tahun 2004, akan tetapi tidak rutin setiap tahunnya. Karena itu, dengan adanya MoU ini, UMY dan Tamkang akan berkomitmen untuk melakukan pertukaran pelajar secara rutin,” ungkapnya.
 
Selain itu, Dr. Flora juga berharap kerjasama antara UMY dan Tamkang bisa terus meningkat. Baik itu di bidang pertukaran pelajar, penelitian, pengambangan program study maupun program magister. “Kami melihat UMY punya cukup banyak program studi dan magister, kami harap ke depannya kerjasama antara UMY dengan Tamkang bukan hanya sebatas pertukaran pelajar saja. Tapi bisa melibatkan semua program yang ada di kampus ini,” ujarnya.
 
Hal senada juga disampaikan Rektor UMY, Prof. Bambang Cipto, M.A. Menurutnya, kerjasama tersebut ada baiknya jika bukan hanya dalam bidang pertukaran pelajar saja. Tapi juga bisa dalam hal lain demi peningkatan kualitas kedua universitas tersebut. “Kami memang memiliki banyak program seperti, program internasional, peningkatan ekonomi syari’ah, hukum syari’ah, penelitian, KKN internasional, dan sebagainya. Kami harapkan juga nantinya kerjasama antara UMY dengan Tamkang juga bisa menjalankannya dalam bidang-bidang tersebut,” paparnya.
 
Guru besar UMY ini juga mengatakan bahwa kerjasama dalam hal pertukaran pelajar merupakan kegiatan yang bisa memberikan banyak manfaat. Di samping itu juga mengingat pentingnya peningkatan kualitas pendidikan untuk mahasiswa melalui studi lintas negara. “Karena itulah UMY berupaya untuk selalu meningkatkan kerjasama dalam hal tersebut. Manfaat yang didapat pun bukan hanya untuk mahasiswa saja, tapi juga universitasnya. Kualitas pendidikan di universitas meningkat, dan nama universitas pun bisa dikenal oleh orang banyak dan dunia,” ungkapnya.
 
Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto,M.A mengatakan, kerjasama dalam hal pertukaran pelajar merupakan kegiatan yang memberikan banyak manfaat. Karena itulah UMY selalu meningkatkan kerjasama dalam pertukaran pelajar. “Bukan hanya manfaat bagi mahasiswa yang melakukan pertukaran, tapi juga nama universitas serta hal lain yang kadang tidak disangka,” ungkap guru besar UMY ini. (syah)