UKM Taekwondo UMY Raih 18 Medali

Desember 29, 2016 oleh : BHP UMY

Selain mampu menorehkan prestasi dalam bidang akademik, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) juga mampu menorehkan prestasi di bidang non-akademik. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya 18 medali oleh mahasiswa UMY yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo, di ajang End Year Master Taekwondo Poomsae Championship 2016 se-DIY pada Rabu (28/12).

Ketua UKM Taekwondo, Asep Maulana, menyampaikan bahwa ajang tersebut diselenggarakan oleh Pengurus Daerah (Pengda) Taekwondo Indonesia, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perlombaan diikuti oleh peserta tingkat umum dari seluruh DIY dan tamu undangan dari daerah Batam, Jawa Barat, dan lain-lain. Asep juga menyebutkan bahwa perlombaan dilakukan selama satu hari sejak pukul 7.00 WIB pagi hingga pengumuman di sore hari, di Gedung Olahraga (GOR) KONI DIY.

“Perlombaan dilaksanakan selama satu hari dari pukul 7.00 pagi hingga sore di GOR (Gedung Olahraga) Panguan, Tridadi, Sleman. Total peserta ada 450 peserta dengan berbagai kategori baik dari umur dan seni poomsae lainnya. Selain UMY sendiri, ada beberapa kampus yang juga ikut di perlombaan tersebut, antara lain UGM, UNY, UAD, Instiper, UNISA, dan Universitas lainnya” terang Asep saat ditemui di Biro Humas UMY pada Kamis (29/12).

Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) angkatan 2014 tersebut mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan UKM Taekwondo UMY sudah sejak 2 bulan sebelum berlangsungnya lomba. “Kami membentuk Training Center untuk lebih menggiatkan para calon peserta dalam berlatih. Jadi dalam UKM kami memang ada latihan rutin untuk seluruh anggota selama dua hari seminggu. Untuk peserta lomba, kami tambah 3 hari latihan intensif, dan biasanya dilaksanakan di malam hari. Menyesuaikan jadwal kuliah para peserta lomba,” ujar Asep.

18 medali yang berhasil diraih oleh tim UKM Taekwondo UMY, disebutkan Asep, antara lain ialah 6 medali emas, 4 medali perak, dan 8 medali perunggu. Meskipun sudah meraih banyak medali, Asep menyayangkan bahwa tim UKM Taekwondo UMY belum mampu meraih gelar juara umum pada ajang tersebut. Gelar juara umum diraih oleh mahasiswa dari Instiper Yogyakarta.

Meski demikian, mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) tersebut optimis bahwa kedepannya UKM Taekwondo UMY mampu meraih prestasi lainnya. “Kami berharap akan terus bisa menorehkan prestasi dan bersaing di tingkat nasional hingga internasional. Kami ingin terus memberikan prestasi-prestasi kepada UMY,” tutup Asep. (deans)