TS National Championship UMY Open 2013 Resmi Dibuka

Desember 31, 2013 oleh : BHP UMY

dahlan rais resmi membuka TS UMY Open 2013Tapak Suci National Championship UMY Open 2013 resmi dibuka oleh Pimpinan Pusat Muhammdiyah, Minggu (29/12). Acara yang berlangsung di gedung Sportorium UMY tersebut dihadiri oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahlan Rais dan Prof. Yunahar Ilyas, Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Indonesia Letkol Inf. Afnan Zamhari, P.Ua, Rektor UMY Prof. Bambang Cipto,M.A dan rombongan dari Kepala Sekolah Mengengah Atas Muhammadiyah sederajat se-Indonesia.

Dahlan Rais dalam sambutanya mengatakan, pertandingan Tapak Suci haruslah berjalan dengan sportifitas. Karena sportifitas dapat menumbuhkan rasa kejujuran dalam diri, selain itu dapat saling mengerti dan memahami kelebihan atau kekurangan sesama. “Perlu diingat oleh para delegasi, kejujuran itu mahal dan dekat dengan takwa. Jika dari tapak suci ini tumbuh sportifitas yang membentuk kejujuran, saya yakin Indonesia mendatang bebas dari masalah korupsi,” ungkap Pimpinan Pusat Muhammdiyah ini.

Dahlan melanjutkan, kejujuran yang diperoleh dari lapangan pertandingan tapak suci hendaknya dapat dibawa ke dalam kelas. Sehingga dalam dunia akademis, siswa terlapas dari keinginan contek mencontek serta plagiarism. “Sangat luar biasa jika kejujuran itu diterapkan di seluruh lini kehidupan, terutama dalam ujian dalam kelas. Karena Islam itu adalah kejujuran, jadi seharusnyalah kita berbuat jujur,” lanjutnya.

Dahlan menerangkan, Asia Timur lebih maju dari Asia yang lain disebabkan kejujuran yang tertanam. Dengan kejujuran maka akan timbul kepercayaan, dan kepercayaan itu adalah inti dari bisnis. Sehingga kecurigaan akan hilang jika sudah saling percaya satu sama lainnya. “Sangat menarik penelitian para ilmuan tersebut di Asia Timur, dan dapat kita ambil sebagai pelajaran. Jika kecurigaan hilang, maka masyarakat akan tenang,” terangnya.

Senada dengan itu, Rektor UMY Prof. Bambang Cipto, M.A mengatakan, dengan tumbuhnya sportifitas akan tumbuh pula nilai positif lainnya. Sehingga delegasi Tapak Suci dari berbagai SMA sederajat ini, menjadi pemimpin yang mampu membawa Indonesia ke arah lebih baik lagi. “Pada generasi mudalah harapan bangsa, sehingga Indonesia akan menjadi negara yang kuat secara sumber daya alam dan manusianya,” ungkap Rektor UMY ini.

Adapun delegasi yang mengikuti Tapak Suci National Championship UMY Open 2013 ini berjumlah 477 siswa. Yang terbagi dalam 65 kontingen dari SMA Muhammadiyah sederajat se-Indonesia. Pertandingan ini berlangsung setelah pembukaan acara hingga empat hari kedepan, yaitu tanggal 29 Desember 2013 hingga 2 Januari 2014. (syah)