Tingkatkan proses Go-International, Fisipol UMY Jalin Kerjasama dengan Beberapa Universitas Malaysia

Agustus 4, 2011 oleh : BHP UMY

Tiga agenda telah disepakati oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan School of Social SciencesUniversitas Sains Malaysia (USM). Dalam MoU tersebut ada tiga agenda, yaitu student exchange untuk Jurusan Hubungan Internasional dan Ilmu Pemerintahan UMY (International Class), perencanaan kunjungan Jurusan Ilmu Komunikasi UMY ke School of Communications pada Januari 2012, dan join seminar nasional bersama KANITA (Woman Research Center) yang juga akan dilaksanakan pada tahun 2012.

MoU ini ditandatangani saat kunjungan empat hari Fisipol UMY ke USM, Selasa- Sabtu (26-30/6). Kunjungan ini diikuti oleh dua belas orang perwakilan UMY yang terdiri dari Rektor, Dekan Magister Ilmu Pemerintahan, Sekretaris Magister Ilmu Pemerintahan, dan dosen.

Menurut Dekan Fisipol UMY, Dr. H. Achmad Nurmandi, M.Sc, student exchange akan dilakukan dengan memberikan pembebasan SPP bagi mahasiswa berprestasi yang diikutkan dalam student exchange. Selain itu, pada Oktober 2011 Universitas sains Malaysia akan mengunjungi Universitas muhammadiyah Yogyakarta untuk menyepakati MoA (Memorandum of Action).

Nurmandi menambahkan, 15 paper akan dipublikasikan pada saat acara seminar bersama Woman Research Center berlangsung. Ke-lima belas paper itu terdiri dari delapan buah paper dari Universitas Sains Malaysia dan tujuh buah paper dari UMY. Semua paper tersebut akan membahas mengenai perempuan dan gender, yang kemudian akan di-review dan dibuat buku untuk di publikasikan di Malaysia. Dari UMY sendiri, paper akan dipresentasikan oleh Prof. Dr. Tulus Warsito, Dra. Mutia Hariati Hussein, M.Si, Titin Purwaningsih S.IP, M.Si, Tri Hastuti Nur,M.Si, Dra. Nur Azizah, M.Si, dan Dr. Dyah Mutiarin.

Sementara itu, Jurusan Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas UMY juga melakukan joint seminar dengan Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Senin (25/7). Bertempat di kampus UKM, kolokium yang bertemakan “Hubungan Indonesia-Malaysia” ini diisi oleh 8 dosen HI UMY dengan komentator dari pihak UKM.

Menurut Ali Muhammad, SIP, MA, Ketua Jurusan HI UMY, kegiatan ini merupakan seminar balasan dari kunjungan pihak UKM ke UMY pada tahun 2006 dan pada saat itu membahas permasalahan terorisme. Ini juga merupakan joint seminar perdana yang dilakukan jurusan HI UMY secara internasional.“Ini kali pertama kalinya jurusan HI secara kolektif melakukan joint seminar. Ini merupakan perkembangan yang bagus yang perlu ditransisikan” jelas Ali.

Kegiatan ini, menurut Ali, sangat bermanfaat sebagai ajang bagi dosen-dosen HI untuk menyampaikan gagasannya di forum internasional; peningkatan Penetapan Angka Kredit (CCP) dosen; serta akreditasi jurusan. “Kegiatan ini sangat bagus untuk semakin meningkatkan jam terbang internasional para dosen HI dalam upaya go-international,” jelasnya.